• SMP HIDAYATUT THULLAB
  • Unggul prestasi, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia yang berbudaya peduli lingkungan, berketerampilan, dan berdaya saing global

Kurikulum Anti Korupsi untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Download File)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai lembaga antikorupsi memiliki tugas untuk melakukan upaya pemberantasan korupsi melalui penindakan dan juga pencegahan korupsi. Upaya pencegahan korupsi dilakukan melalui pendidikan, kampanye dan sosialisasi antikorupsi. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002, pasal 13 huruf c yaitu menyelenggarakan program pendidikan antikorupsi pada setiap jenjang pendidikan.

 

Dalam rangka melakukan fungsi pendidikan, pada tahun 2007 sampai dengan 2008, KPK menyusun modul antikorupsi jenjang pendidikan dasar sampai menengah untuk pertama kalinya. Di tahun 2008, modul antikorupsi tersebut diserahterimakan dari KPK ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk diujicobakan, dikembangkan dan diimplementasikan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Dalam prosesnya, KPK terus melakukan inovasi untuk mengembangkan metode serta media pembelajaran antikorupsi yang dapat dilakukan secara mudah dan menyenangkan. Selain modul ini, KPK juga telah menyusun berbagai media pembelajaran antikorupsi yang dikemas dalam bentuk buku cerita, komik, buku saku, DVD Film, CD Lagu dan juga permainan.

Untuk memudahkan para Guru atau Pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran antikorupsi, diperlukan integrasi dengan mata pelajaran tertentu yang erat kaitannya dengan nilai-nilai antikorupsi, yaitu mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Oleh karena itu, KPK menyusun panduan Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran

PPKn ini sebagai pegangan bagi Guru atau Pendidik di Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pan- duan ini bersifat umum untuk penguatan nilai-nilai antikorupsi di setiap jenjang pendidikan dengan pelibatan seluruh elemen agar dapat lebih memahami, menyadari, meyakini, serta mengaktualisasikan pendidikan antikorupsi dari ruang kelas, sekolah, rumah dan lingkungan. Kenis- cayaan akan generasi ke depan yang memiliki karakter moral sesuai nilai-nilai antikorupsi, akan terwujud jika dalam setiap proses pembela- jaran tidak hanya mengajarkan tetapi juga adanya pengkondisian yang dipraktekkan secara nyata melalui sikap dan perilaku yang baik.

 

DAFTAR ISI

  1. PENDIDIKAN ANTIKORUPSI.
  2. ASPEK PENDIDIKAN ANTIKORUPSI.
  3. LANGKAH IN-SERSI.
  4. CONTOH RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
  5. PENILAIAN HASIL BELAJAR, MONITORING DAN EVALUASI
  6. PETA KOMPETENSI PPKN TERKAIT PENDIDIKAN ANTIKORUPSI.
  7. CONTOH FORMAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN.
  8. ALTERNATIF BAHAN AJAR TERBITAN KPK.

 

A. PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

 

Perilaku koruptif telah merasuki semua elemen bangsa. Padahal, kita semua tahu perilaku seperti itu membuat tindak pidana korupsi menjadi hal yang dianggap biasa. Sebuah ironi karena perilaku terse-

but adalah perbuatan tidak bermoral.

Perilaku koruptif ditandai oleh hilangnya nilai-nilai jujur, peduli, man- diri, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil dari dalam diri individu. Mengapa nilai-nilai karakter ini makin meng- hilang, tentu menjadi keprihatinan kita.

Padahal, dunia pendidikan, ditujukan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, man- diri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Inti dari pendidikan adalah penguatan karakter.

Ayo kita bangun kembali penguatan nilai-nilai antikorupsi mulai dari sekolah. Kini saatnya mengembalikan sekolah sebagai lokomotif penguatan budaya antikorupsi untuk jangka panjang.

 


 

Muatan Kurikulum Pendidikan Antikorupsi

 

Pendidikan antikorupsi diawali dengan memastikan bahwa kurikulum mengakomodasi nilai-nilai antikorupsi. Sehubungan dengan ini, sebagai jantung pendidikan, kurikulum memiliki dua kekuatan, yaitu:

 

 

Pertama, ketepatan memilih substansi atau lingkup pe- ngetahuan yang akan dibelajarkan. Kebenaran substansi tidak disangsikan, urgent (penting) untuk dipelajari, be- nar-benar bermanfaat, relevan dengan kebutuhan peser- ta didik dan kehidupan, serta memancing minat peserta didik untuk mempelajari lebih lanjut secara mandiri.

Kedua, pengelolaan kurikulum melalui pembelaja- ran yang efektif yang didukung oleh sistem penilaian yang mengarah pada pencapaian kompetensi (valid) dan realiable (dapat dipercaya, ajeg, konsisten, andal dan stabil). Pengelolaan kurikulum diawali dengan penyusunan perencanaan pembelajaran yang benar-benar dapat dijadi- kan sebagai acuan dan pengendalian proses pembelajaran. Peren- canaan tersebut memperhitungkan kelayakan dan keterlaksanaanya, disesuaikan dengan kondisi yang ada, mempertimbangkan perbedaan potensi dan kecepatan serta gaya belajar peserta didik, menjadi ba- gian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari siswa, tanggap terhadap berbagai perubahan situasi yang terjadi tiba-tiba, dan mem- berikan berbagai alternatif pengalaman belajar.

 

Kedua kekuatan itulah yang menjamin ketercapaian tujuan pembela- jaran. Tanpa pengelolaan yang tepat, substansi yang hebat akan ke- hilangan makna. Demikian pula sebaliknya, kekeliruan dalam memilih substansi mengakibatkan pembelajaran menjadi sia-sia. Agar substansi kurikulum dapat dikelola dengan baik, maka guru sebagai pendam- ping siswa harus benar-benar memahami kedua aspek tersebut.

Supaya kurikulum memudahkan semua guru untuk melakukan pemb- elajaran, maka semua kebijakan pemerintah tentang kurikulum harus mudah dipahami, mudah dijabarkan, mudah disesuaikan dengan ke- butuhan peserta didik dan kondisi yang ada di sekitarnya (flexible), mudah dikelola oleh guru (manageable), terukur ketercapaiannya (measurable), terlihat tahapan perkembangannya (observable) dan dapat diprediksi hasilnya (predictable).

Apabila semua itu terpenuhi, maka substansi yang semula dianggap sulit, akan mudah dipelajari oleh siswa (learnable). Substansi yang se- mula dianggap sebagai beban akan menjadi kebutuhan dan bermakna bagi kehidupan.

Artinya, keberadaan kurikulum menjadi alat bantu yang memudahkan dan melancarkan proses pembelajaran, bukan mempersulit apalagi merepotkan semua pihak (guru, siswa, dan orang tua).

 


  

Aksi Guru dalam Pendidikan Antikorupsi

 

Pendidikan antikorupsi adalah proses untuk menguatkan sikap an- tikorupsi dalam diri peserta didik sedini mungkin. Untuk itu diperlu- kan aksi guru yang benar-benar berangkat dari keinginan untuk mem- bangun peradaban baru yang lebih baik dan bebas korupsi. Aksi yang diperlukan dari guru sebagai berikut:

 

SIAPKAN DIRI

Guru adalah lokomotif perbaikan. Siapkan diri untuk membuat generasi mendatang jauh lebih baik. Jadilah teladan bagi peserta didik, beri contoh, dan tampilkan semangat yang kuat.

 

RENCANAKAN

Buat perencanaan yang rinci sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik serta menggunakan sumber dan bahan ajar yang tersedia di alam dan lingkungan sekitarnya. Jadikan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.

 

 

WUJUDKAN

Wujudkan suasana belajar sesuai dengan apa yang telah direncanakan dengan mempertimbangkan tingkat perkembangan dan kebu- tuhan peserta didik serta menggunakan sumber dan bahan ajar yang tersedia di alam dan lingkungan seki- tarnya.

 

EVALUASI

Lakukan evaluasi terhadap ketercapaian sikap peserta didik sesuai tujuan. Jaga konsistensi pengamalan dan penerapan sikap di sekolah dan di luar sekolah. Perbaiki proses secara terus menerus.


 

B. ASPEK PENDIDIKAN ANTIKORUPSI

 

Pendidikan antikorupsi bermuara pada perilaku antikorupsi dalam diri semua individu di Indonesia, sehingga tercipta Indonesia yang ber- integritas. Pendidikan antikorupsi mengacu pada prinsip pendidikan karakter, sebagai berikut:

  1. Bersifat jangka Dimulai sejak peserta didik masuk ke satu- an pendidikan dasar hingga di pendidikan tinggi;
  2. Dipengaruhi oleh perbedaan setiap tahap perkembangan anak;
  3. Bertumbuh memadukan antara pemahaman, penyadaran dan pengamalan di semua segi kehidupan secara konsisten. Berlang- sung dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan atau masyarakat, serta komunitas yang dekat dengan kehidupan anak;
  4. Merupakan satu kesatuan dari pendidikan karakter generasi muda yang tergantung pada motivasi individu untuk antikorupsi dan sua- sana lingkungan yang harus diciptakan sebagai lingkungan yang anti korupsi.

 


 

Aspek Pendidikan Antikorupsi

Aspek Pendidikan Antikorupsi mengacu pada pengertian kompe- tensi yang mencakup; pengetahuan, keterampilan dan sikap.

 

1. Tahu (Pengetahuan)

Peserta didik dikondisikan untuk tahu, sadar, dan paham tentang perilaku antikorupsi. Untuk tahu, sadar, dan paham dapat dilaku- kan melalui mendengar, melihat, membaca, dan merasa.

Agar proses pengkondisian peserta didik untuk tahu, sadar, dan paham lebih efektif, maka sekolah dapat melakukan melalui mata pelajaran sebagai alat. Dalam hal ini mata pelajaran yang dimak- sudkan adalah PPKn.

 

 

 

2. Bisa (Keterampilan)

Peserta didik dikondisikan untuk bisa mempraktekkan perilaku an- tikorupsi, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Agar proses pengkondisian dapat berjalan efektif, perlu dilakukan melalui berbagai alat yang bernama mata pelajaran, khususnya PPKn, dan melalui berbagai aktivitas di sekolah dan di luar sekolah.

 

3. Terbiasa (Sikap)

Peserta didik dikondisikan untuk terbiasa menunjukkan perilaku antikorupsi dalam hidupnya, di manapun, kapanpun dan dalam suasana bagaimanapun.

Agar proses pembiasaan berjalan efektif, perlu dilakukan pembiasaan oleh peserta didik di mana sekolah bertindak sebagai loko- motif.

  


 

Langkah Penguatan

 

Langkah penguatan perilaku antikorupsi, merupakan siklus yang da- pat dimulai dari tiga aspek, yaitu; pengetahuan, keterampilan dan- sikap. Akan tetapi muara yang diharapkan dari pendidikan antikorupsi adalah sikap antikorupsi yang terbentuk pada setiap individu atas dasar pemahaman dan kesadaran yang kuat.
  1. Peserta didik dikondisikan untuk mengetahui dan memahami tentang antikorupsi. Tahu dan paham bisa bersumber dari mendengar, melihat, membaca atau merasa.
    1. Mendengar bisa dari guru, teman, tokoh, masyarakat, baik se- cara langsung atau melalui media;
    2. Melihat bisa melihat secara langsung atau melalui media;
    3. Membaca bisa dari buku, media lain, atau alam;
    4. Merasa bisa dari pengalaman langsung atau tidak
  2. Setelah tahu dan bisa, pembelajaran juga harus melangkah pada kemampuan peserta didik untuk bisa, mampu atau terampil mempraktekkan dan melakukan secara nyata. Pro- ses ini dapat dikondisikan melalui latihan yang terus menerus dan konsisten di sekolah dan di luar sekolah.
  3. Sikap terbentuk karena keterampilan yang terbiasa dan konsisten dilakukan di manapun, kapanpun, dan dalam suasana bagaimanapun. Sikap terbentuk melalui pembiasaan yang konsis- ten di sekolah dan di luar sekolah.

 

 


 

C. LANGKAH INSERSI

Wujud dari pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana, maka setiap tahapan proses pembelajaran merupakan langkah-langkah berkesinambungan dan konsisten untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Proses tersebut, dapat dilakukan melalui langkah insersi. Makna insersi di sini adalah melekatkan pendidikan antikorupsi dalam materi yang ada, khususnya di mata pelajaran PPKn. Jadi tidak menam- bah materi baru. Adapun tahapan insersi dilakukan dalam tiga tahap yakni inisiatif merancang, sertakan peserta didik, dan siapkan jejaring.

Tiga langkah ini menjadi kendali untuk efektifnya proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

 

3 Langkah Insersi

  

  1. Inisiatif Merancang. Buatlah perencanaan yang matang atas inisiatif pendidik. Rancangan bisa dibuat sesuai kebutuhan, dengan format yang sesuai kebutuhan.
  2. Sertakan Peserta Didik. Lakukan kegiatan belajar yang melibatkan semua indera peserta didik. Buat aktivitas yang menarik dan menyenangkan.
  3. Siapkan Jejaring. Jangan berhenti dengan pembelajaran di kelas, luaskan ke sekolah, kelu- arga, dan masyarakat, dengan melibatkan semua pihak

Inisiatif Merancang

Buatlah perencanaan yang matang atas inisiatif pendid- ik. Rancangan bisa dibuat sesuai kebutuhan, dengan format yang juga bebas sesuai kebutuhan.

 

Sertakan Peserta Didik

Lakukan kegiatan belajar yang melibatkan semua indera peserta didik. Buat aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Berikut contoh kegiatan yang dapat menjadi alternatif.

Siapkan Jejaring

Jangan berhenti dengan pembelajaran di kelas, luaskan ke sekolah, keluarga, dan masyarakat, dengan melibatkan semua pihak. 

  1. Satukan pemahaman dan langkah insersi dalam Mapel PPKn di antara guru PPKn di sekolah (Jika guru mapel PPKn lebih dari satu)
  2. Membangun sinergi untuk mengefektifkan pengu- atan karakter antikorupsi di tingkat sekolah antara Guru PPKn / guru kelas dengan guru lain di satu se-
  3. Membangun sinergi dan sharing praktek baik pen- didikan antikorupsi antar guru PPKN/guru kelas dalam forum MGMP/KKG;
  4. Membangun sinergi antara sekolah (Guru PPKn/ Wali Kelas/Guru Kelas) dengan orang tua;
  5. Membangun sinergi antara sekolah dan di lingkung- an;
  6. Membangun sinergi antara guru PPKn/wali kelas/ guru kelas dengan kelompok profesional lainnya.


 

 

D. CONTOH RANCANGAN PEMBELAJARAN

 

Contoh SD/MI Kelas Bawah

Kelas 1

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SD Kelas 1

CONTOH INDIKATOR

1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa di lingkungan Rumah dan Sekolah

•   Menyebutkan aturan yang ada di rumah masing-masing;

•   Membedakan tindakan atau perilaku yang salah dan yang benar di rumah dan di sekolah, serta di tempat umum

•   Menceritakan pengalaman pribadi dalam mengikuti aturan yang berlaku di rumah dan di sekolah

•   Menyatakan ungkapan kesenangan atau kebahagian apabila terbiasa mengikuti aturan.

2.2. menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2 Mengidentifikasi aturan yang ber- laku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

  • Aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari anak rumah;
  • Perilaku sesuai aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah;
  • Patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku di ru- mah;

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi peng- alaman belajar:
  • Bercerita bergiliran tentang aturan yang berlaku di ru- mah;
  • Mendongeng bergiliran tentang taat aturan;
  • Memanfaatkan bahan referensi untuk menggali ide dan melihat contoh praktis, seperti buku-buku KPK: Pahami dulu Baru Lawan, MUM, Kisah Kasus di Sekolah, Ko- mik Pemburu Koruptor, Board Game Keranjang Bo- long/Sahabat Pemberani, Film Sahabat Pemberani, Si

 

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Pembiasaan dan pengamalan dilakukan di kelas dan sekolah dengan membangun suasana pembiasaan, serta dikaitkan den- gan aktivitas di rumah dan lingkungan:

Kelas: Membiasakan menaati aturan yang berlaku. Aturan di- jalankan secara konsisten;

Sekolah: Membiasakan menaati aturan yang berlaku di sekolah. Aturan dijalankan secara konsisten. Mempraktekkan ekspresi terhadap ketidaknyaman “Ehm” di lingkungan

Teman Bermain: Mengajak teman untuk menerapkan ekspresi terhadap ketidaknyaman “Ehm”;

Keluarga: Menyampaikan kegiatan pembiasaan melalui ek- spresi terhadap ketidaknyaman “Ehm”, dan mengajak kelu- arga melakukan hal yang sama.

Masyarakat: Menyampaikan ekspresi terhadap ketidakny- aman “Ehm”, dan mendorong untuk melakukan hal yang sama.

 

 

 

Contoh SD/MI Kelas Bawah

Kelas 2

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SD Kelas 2

CONTOH INDIKATOR

1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidu- pan sehari-hari di sekolah

•  Menyebutkan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah

•  Menceritakan dengan jujur pengala- man pribadi mengikuti aturan yang berlaku di sekolah;

•  Menceritakan dengan jujur pengala- man pribadi akibat dari tidak mengi- kuti aturan yang berlaku di sekolah;

•  Menyatakan ungkapan kesenangan atau kebahagian apabila terbiasa mengikuti aturan.

2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang ber- laku di sekolah

3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah

4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

  • Aturan yang berlaku di sekolah
  • Tata tertib yang berlaku di sekolah
  • Perilaku sesuai aturan dan tata tertib sekolah;
  • Langkah-langkah membiasakan perilaku sesuai aturan dan tata tertib di

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pen- galaman belajar:
  1. Membuat daftar aturan dan tata tertib yang berlaku sekolah;
  2. Menggambar simbol aturan dan tata tertib yang berlaku sekolah;
  3. Menceritakan contoh-contoh perilaku yang mengikuti aturan dan tidak mengikuti aturan;
  4. Menceritakan pengalaman pribadi akibat tidak mengikuti aturan
  5. Bermain dari berbagai sumber, contoh Board Game dan lain-lain.

 

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Pembiasaan dan pengamalan dilakukan di kelas dan sekolah dengan membangun suasana pembiasaan, serta dikaitkan den- gan aktivitas di rumah dan lingkungan:

Kelas: Membiasakan menaati aturan yang berlaku. Aturan dijalankan secara konsisten;

Sekolah: Membiasakan menaati aturan yang berlaku di sekolah. Aturan dijalankan secara konsisten. Mempraktekkan ekspresi terhadap ketidaknyaman “Ehm” di lingkungan

Teman Bermain: Mengajak teman untuk menerapkan ekspresi terhadap ketidaknyaman “Ehm”;

Keluarga: Menyampaikan kegiatan pembiasaan melalui ek- spresi terhadap ketidaknyaman “Ehm”, dan mengajak kelu- arga melakukan hal yang sama.

Masyarakat: Menyampaikan ekspresi terhadap ketidakny- aman “Ehm”, dan mendorong untuk melakukan hal yang sama.

 

 

Contoh SD/MI Kelas Bawah

Kelas 3

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SD Kelas 3

CONTOH INDIKATOR

1.2 Menghargai kewajiban dan hak se- bagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

•   Menyebutkan contoh hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah;

•   Menyebutkan contoh hak-hak yang diperoleh sebagai anggota keluarga dan warga sekolah;

•   Menceritakan dengan jujur pengala- man melaksanakan kewajiban di rumah dan di sekolah;

•   Menceritakan dengan jujur pengala- man akibat ketika tidak melaksanakan kewajiban di rumah dan di sekolah;

2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah

3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah

4.2 Menyajikan hasil identifikasi ke- wajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

  • Kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga se- kolah
  • Hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah;

  

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman belajar:
  1. Membuat daftar contoh kewajiban dan hak sebagai anggota kelu- arga dan warga sekolah;
  2. Menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban dan menda- patkan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah;
  3. Memanfaatkan bahan referensi untuk menggali ide dan melihat contoh praktis, seperti buku-buku KPK: Pahami dulu Baru Lawan, MUM, Kisah Kasus di Sekolah, Komik Pemburu Koruptor, Board Game dan PDKT, Film

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Pembiasaan dan pengamalan dilakukan di kelas dan sekolah dengan membangun suasana pembiasaan, serta dikaitkan den- gan aktivitas di rumah dan lingkungan:
  1. Kelas: Membiasakan melaksanakan kewajiban serta mendapatkan hak sebagai warga sekolah secara konsisten;
  2. Sekolah: Membiasakan melaksanakan kewajiban serta mendapatkan hak sebagai warga sekolah secara Mempraktekkan ekspresi terha- dap ketidaknyaman “Ehm”.
  3. Teman Bermain: Mengajak teman untuk menerapkan ekspresi terhadap ketidaknyaman “Ehm”;
  4. Keluarga: Membiasakan melaksanakan kewajiban serta mendapatkan hak sebagai anggota keluarga secara Menyampaikan kegiatan pembiasaan melalui ekspresi terhadap ketidaknyaman “Ehm”, dan men- gajak keluarga melakukan hal yang sama.
  5. Masyarakat: Menyampaikan ekspresi terhadap ketidaknyaman “Ehm”, dan mendorong untuk melakukan hal yang

 

Contoh SD/MI Kelas Atas

Kelas 4

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SD Kelas 4

CONTOH INDIKATOR

1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

•   Menyebutkan contoh bentuk ke- beragaman karakteristik individu di lingkungan sekitar;

•   Menceritakan manfaat yang dirasa- kan dari keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar;

•   Menunjukkan contoh upaya yang harus dilakukan untuk menjaga kehidupan yang harmonis di tengah keberagaman karakteristik individu;

2.3 Bersikap toleran dalam keberaga- man umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika

3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidu- pan seharihari

4.3 Mengemukakan manfaat keberaga- man karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

Perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti:
  1. Keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
  2. Manfaat menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
  3. Berlaku adil, atau tidak pilih

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pen- galaman belajar:
  1. Mengumpulkan data tentang contoh-contoh keberagaman karak- teristik individu yang ada di lingkungan sekitar;
  2. Menceritakan interaksi antarindividu dalam keberagaman dan hubungannya dengan perilaku adil;
  3. Bermain peran dalam menjalani kehidupan dalam keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan nyata;
  4. Adopsi atau adaptasi isi buku 99+1 Model Pembelajaran An- Contoh: Bakul Antikorupsi, Menulis Puisi, Tabungan KPK, dan lainnya.
  5. Pemanfaatan bahan referensi untuk menggali ide dan melihat contoh praktis, seperti buku-buku KPK: Buku cerita/dongeng antikorupsi, permainan Kwartet Sahabat Pemberani, Film Sahabat

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Pembiasaan dan pengamalan dilakukan di kelas dan sekolah dengan membangun suasana pembiasaan, serta dikaitkan den- gan aktivitas di rumah dan lingkungan:
  1. Di Kelas: Menjalin pertemanan dengan semua teman dengan menerima Menceritakan pengalaman bergaul dengan karakteris orang yang berbeda-beda. Secara terus menerus melakukan gerakan yang mencerminkan rasa ketidaknyamanan dengan ekspresi “Ehm”;
  2. Di Sekolah: Menjalin pertemanan dengan semua teman dengan me- nerima Secara terus menerus melakukan gerakan yang mencerminkan rasa ketidaknyamanan “Ehm”;
  3. Dengan Teman Bermain: Menjalin pertemanan dengan semua teman di luar sekolah, tanpa membeda-bedakan.
  4. Di Keluarga: Menceritakan kegiatan di sekolah tentang pergaulan den- gan orang yang memiliki karakteristik berbeda tiap Mendorong anggota keluarga untuk mempraktekan gerakan yang mencerminkan ketidaknyamanan “Ehm”;
  5. Di Masyarakat: Bergaul dengan orang dari berbagai latar belakang tanpa membeda-bedakan. Menunjukkan sikap terbuka pada semua Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian den- gan teman bermain dan di masyarakat.

 

Contoh SD/MI Kelas Atas

Kelas 5

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SD Kelas 5

CONTOH INDIKATOR

1.1 Bersyukur kepada tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

•   Menunjukkan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

sehari-hari di rumah, lingkungan, dan sekolah

•   Menggali informasi tentang kebi- asaan-kebiasan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan setempat yang menunjukkan kesadaran men- erapkan nilai-nilai Pancasila

•   Menyatakan komitmen untuk se- lalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila

3.1 Mengidentifikasi Nilai-nilai Pan- casila dalam Kehidupan sehari-hari

4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

Perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti:
  1. Contoh perilaku bertanggungjawab seperti taat aturan di kelas dan di sekolah dan melaksanakan tugas-tugas sekolah.
  2. Cinta Tanah Contoh perilaku cinta tanah air seperti tidak merugikan orang lain, tidak menyontek, dan lain-lain.
  3. Rela Contoh perilaku rela berkorban seperti banyak membantu yang membutuhkan, tolong menolong, dan lain-lain.
Perilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidu- pan sehari-hari, contoh:
  1. Tidak bertanggungjawab. Contoh perilaku tidak bertanggungjawab seperti egois, mau menang sendiri, malas, berburuk
  2. Tidak cinta tanah Contoh perilaku tidak mencintai tanah air, seperti mem- buang sampah sembarangan, tidak bisa bekerja sama, tidak menghargai orang lain, dan lain-lain.
  3. Tidak rela Contoh perilaku tidak rela berkorban seperti tidak suka membantu, kurang respek, kerap menghina teman, dan lain-lain.

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman be- lajar:
  1. Membentuk kelompok bermain dan games, dengan kegiatan:
  • mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab, cinta tanah air dan rela berkorban dalam keseharian;
  • Menunjukakan contoh perilaku yang sesuai sikap tanggungjawab, cinta tanah air dan rela berkorban dalam keseharian;
  • Memperagakan sikap tanggungjawab, cinta tanah air dan rela berkorban dalam keseharian;
  1. Mengungkapkan manfaat bagi pribadi sikap tanggungjawab, cinta tanah air dan rela berkorban dalam keseharian
  2. Membuat rencana penerapan sikap tanggungjawab, cinta tanah air dan rela ber- korban dalam keseharian di kelas, sekolah, keluarga, dan masyarakat
  3. Pemanfaatan bahan referensi untuk menggali ide dan melihat contoh praktis, sep- erti buku-buku KPK: Buku Dongeng Antikorupsi, Pahami dulu Baru Lawan, MUM, Kisah Kasus di Sekolah, Komik Pemburu Koruptor, Board Game Sahabat Pembe- rani, Film Sahabat

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Pembiasaan dan pengamalan dilakukan di kelas dan sekolah dengan membangun suasana pembiasaan, serta dikaitkan dengan aktivitas di rumah dan lingkungan:

Di Kelas: Melaksanakan jadwal piket kelas. Melaksanakan tata tertib kelas. Se- cara terus menerus melakukan gerakan “Ehm” untuk menunjukkan rasa ketidaknyamanan;

Di Sekolah: Melibatkan siswa dalam gerakan siswa untuk peduli sosial (bencana alam, siswa sakit atau terkena musibah). Membiasakan gerakan membuang sampah pada tempatnya. Secara terus menerus melakukan gerakan yang mencerminkan rasa ketidaknyamanan “Ehm”. Membuat lomba kebersihan kelas, daur ulang sampah dan jargon tentang sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan;

Di Keluarga: Menceritakan kegiatan di sekolah tentang penerapan sikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Membuat jadwal kegiatan siswa selama di rumah. Mendorong anggota keluarga untuk mempraktekan gerakan yang mencerminkan ketidaknyamanan “Ehm”;

Di Masyarakat: Mengamalkan kesepakatan di sekolah dalam praktek di masyarakat dan menyampaikan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada teman bermain atau anggota masyarakat lainnya; Selalu mel- aksanakan aturan yang berlaku di masyarakat. Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian dengan teman bermain dan di masyarakat.

 

Contoh SD/MI Kelas Atas

 Kelas 5

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SD Kelas 6

CONTOH INDIKATOR

1.2 Menghargai makna kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama

•   Menyebutkan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara;

•   Menjelaskan dampak dari kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari;

•   Menceritakan dengan jujur contoh pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga ne- gara dalam kehidupan sehari-hari;

•   Memilah permasalahan dan cara bagaimana agar warga masyarakat melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga ne- gara dalam kehidupan sehari-hari.

2.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga ne- gara sebagai wujud cinta tanah air

3.2 Menganalisis pelaksanaan ke- wajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksan- aan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidu- pan sehari-hari

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

  1. Kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari;
  2. Dampak pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Praktek dari pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari;

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman be- lajar:
  1. Membentuk kelompok bermain dan games, dengan kegiatan :
    • Menyebitkan contoh tentang kewajiban, hak, dan tanggungjawab warga negara dalam kehidupan sehari-hari;
    • Memperagakan tentang kewajiban, hak, dan tanggungjawab warga negara dalam kehidupan sehari-hari;
    • Mencontohkan dampak dan pengaruh kewajiban, hak, dan tanggungjawab warga negara dalam kehidupan sehari-hari;
  2. Mengungkapkan manfaat bagi pribadi dengan menunjukkan sikap melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggungjawab warga negara dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Membuat rencana penerapan sikap melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung- jawab warga negara dalam kehidupan sehari-hari di kelas, sekolah, keluarga, dan masyarakat;
  4. Pemanfaatan bahan referensi untuk menggali ide dan melihat contoh praktis, sep- erti buku-buku KPK: Pahami dulu Baru Lawan, MUM, Kisah Kasus di Sekolah, Komik Pemburu Koruptor, Board Game dan PDKT, Film

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Pembiasaan dan pengamalan dilakukan di kelas dan sekolah dengan membangun suasana pembiasaan, serta dikaitkan dengan aktivitas di rumah dan lingkungan:
  1. Di Kelas: Melaksanakan jadwal piket Melaksanakan tata tertib kelas. Secara terus menerus melakukan gerakan yang mencerminkan rasa ketidaknyamanan “Ehm”;
  2. Di Sekolah: Melibatkan siswa dalam gerakan siswa untuk peduli sosial (bencana alam, siswa sakit atau terkena musibah). Membiasakan gerakan membuang sampah pada Secara terus menerus melakukan gerakan yang mencerminkan rasa ketidaknyamanan “Ehm”. Membuat lomba kebersihan kelas, daur ulang sampah dan jargon tentang sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan;
  3. Dengan Teman Bermain: Mengajak teman bermian untuk menunjukkan kewajiban, hak dan tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud sinta tanah
  4. Di Keluarga: Menceritakan kegiatan di sekolah tentang penerapan sikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam Membuat jadwal kegiatan siswa selama di rumah. Mendorong anggota keluarga untuk mempraktekan gerakan yang mencerminkan ketidaknyamanan “Ehm”;
  5. Di Masyarakat: Mengamalkan kesepakatan di sekolah dalam praktek di masyarakat dan menyampaikan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada teman bermain atau anggota masyarakat lainnya; Selalu melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.

Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian dengan teman bermain dan di masyarakat.

 

Contoh SMP/MTs

Kelas 7 

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SMP/MTs Kelas 7

CONTOH INDIKATOR

1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan YME

•  Mengidentifikasi norma-norma yang yang berlaku dalam kehidupan masyarakat setempat

•  Menganalisis nilai-nilai keadilan dalam norma-norma yang berlaku dalam masyarakat setempat

•  Merancang strategi sosialisasi norma- norma dalam mewujudkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan setempat

•  Menjadi teladan bagi teman sejawat dalam berperilaku sesuai dengan nor- ma-norma keadilan dalam masyarakat

2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan ber- masyarakat untuk mewujudkan keadilan

3.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan ber- masyarakat untuk mewujudkan keadilan

4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

  • Norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
  • Manfaat norma-norma bagi pribadi dan kehidupan ber-
  • Pentingnya keteladanan yang dimulai dari diri

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman belajar:
  1. Melakukan investigasi di lingkungan setempat untuk mengidentifikasi norma- norma yang berlaku, khususnya terkait dengan nilai-nilai kehidupan yang berlaku di masyarakat (sesuai 9 nilai antikorupsi) yaitu nilai: Jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan
  2. Melakukan investigasi dan pengamatan terhadap norma-norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat, misalnya tentang ketertiban di jalan, adab
  3. Mendiskusikan sebab dan akibat jika siswa menerapkan/ tidak menerapkan nilai- nilai dan norma serta aturan tersebut tersebut dalam konteks hak dan kewajiban anak sebagai warga masyarakat
  4. Melakukan pengamatan terhadap perilaku koruptif atau perilaku antikorupsi di sekitarnya, kemudian dibuat ke dalam cerita atau menjadi topik diskusi
  5. Mengajak siswa secara berkelompok untuk membuat film atau video pendek terkait perilaku koruptif atau perilaku antikorupsi di sekitarnya dan kemudian dipresenta-
  6. Adopsi atau adaptasi buku 99+1 Model Pembelajaran Antikorupsi. Contoh: Pohon karakter, Ular Tangga Matematika, Monopoli Kejujuran, dan
  7. Membuat gerakan tertentu (contoh “ehem” berdehem) ketika siswa melihat per- ilaku yang tidak sesuai dengan nilai keadilan ataupun nilai-nilai antikorupsi lainnya, yang terjadi di sekitarnya, dan mengampanyekannya
  8. Melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan kampanye antikorupsi misalnya melalui praktik mengelola Warung Kejujuran di
  9. Contoh Media Pembelajaran: Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Sekolah; Film Sahabat Pemberani; Film ACFFest; Boardgmaes

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Di Kelas:

  • Secara konsisten melaksanakan hasil kesepakatan berupa: 1 antre diam ketika orang lain bicara, 3. Menunjukkan ekspresi berdehem “Ehm” apabila terjadi ketidaknyamanan di kelas;
  • Secara konsisten melaksanakan kesepakatan di kelas sebagai norma di
  • Memulai dan menjaga sikap jujur di kelas, sehingga menjadikan “kelas jujur”;

 

Di Sekolah:

  • Hasil kesepakatan di kelas dilaksanakan di tingkat sekolah;
  • Memulai dan menjaga kantin kejujuran dan “sekolah jujur”;

 

Dengan Teman Bermain

  • Membiasakan jujur dalam bergaul;
  • Selalu mengajak dan mendorong teman untuk bersikap jujur;

 

Di Keluarga:

  • Mengamalkan kesepakatan di sekolah dalam praktek di rumah dan menyampai- kan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada seluruh anggota keluarga;
  • Selalu melaksanakan aturan sesuai norma yang berlaku di rumah
  • Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian di rumah;

 

Di Masyarakat:

  • Mengamalkan kesepakatan di sekolah dalam praktek di masyarakat dan menyam- paikan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada teman bermain atau anggota masyarakat lainnya;
  • Selalu melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat;
  • Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian teman bermain dan di masyarakat;

 

Contoh SMP/MTs

 Kelas 8

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SMP/MTs Kelas 8

CONTOH INDIKATOR

1.6 Mensyukuri semangat dan komit- men kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketu- hanan Yang Maha Esa

•   Menggali informasi tentang semangat dan komitmen kebangsaan kolektif (kebersamaan/gotong royong) di lingkungan masing-masing

•   Menyampaikan dengan jujur pengala- man pribadi dalam bergotong royong dalam pengelolaan berbagai kegiatan di lingkungan setempat berkaitan dengan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI

•   Menunjukkan sikap gotong royong dan menyatakan komitmen untuk se- lalu aktif menjadi teladan bagi teman sejawat berkaitan dengan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI.

2.6 Menunjukan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI

3.6 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat NKRI dalam konteks kehidupan siswa

4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan se- mangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

  1. Gotong royong dan contohnya dalam praktek kehidupan;
  2. Semangat untuk memperkuat NKRI dalam konteks kehidu- pan (Contoh: menaati aturan hukum di sekolah, tidak mengambil hak orang lain, mendorong antre, sabar, memper- ingati hari besar nasional, mencontoh semangat kepahlawanan di sekolah. Fokus: Gotong royong);
  3. Komitmen kebangsaan kolektif (bersama-sama) untuk mem- perkuat NKRI dalam konteks kehidupan siswa, (Contoh: toleran- si, tidak fanatik berlebihan, tidak korupsi, saling menghormati, selalu antre, menghargai pendapat, komitmen menaati Fokus: gotong royong).

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman belajar:
  1. Menjaring pemahaman anak tentang berbagia hal terkait Contoh:
    • Menyusun daftar perilaku yang dapat menyebabkan ancaman bagi NKRI, beserta contoh yang terjadi di kehidupan siswa;
    • Menyusun daftar perilaku yang dibutuhkan untuk memperkuat NKRI, beserta contoh yang terjadi di kehidupan siswa;
    • Membuat rencana aktivitas bersama untuk menunjukkan Semangat memperkuat NKRI dalam kegiatan di sekolahatau dalam kehidupan siswa;
    • Membuat kesepakatan antara lain: Antre 2. Diam ketika teman bicara 3. Men- unjukkan ekspresi “Ehm” apabila terjadi ketidaknyamanan di kelas;
  2. Membentuk kelompok diskusi terarah, dengan kegiatan:
    • Menceritakan perilaku pribadi yang dapat menyebabkan ancaman terhadap NKRI (kebiasaan melanggar aturan dalam kehidupan siswa). Siswa berani men- gakui kesalahannya dan berkomitmen untuk
    • Menghargai cerita teman tentang perilaku pribadinya yang dapat menyebabkan ancaman terhadap NKRI (kebiasaan melanggar aturan dalam kehidupan siswa).
    • Membuat rencana untuk memperbaiki perilaku pribadi yang diceritakan dalam bentuk “resolusi pribadi”. Perbaikan disesuaikan dengan kemauan peserta didik;
  3. Siswa membuat perencanaan kegiatan masyarakat untuk mencerminkan semangat dan komitmen NKRI seperti Bakti sosial, seminar kebhinekaan, dll
  4. Membuat karya seni (poster, teater, puisi, cerita) berisi komitmen menguatkan NKRI;
  5. Berbagai kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan bahan referensi

 

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

 Di Kelas:

  • Secara konsisten melaksanakan hasil kesepakatan berupa: 1 antri diam ketika orang lain bicara, 3. Menunjukakn ekspresi “Ehm” apabila terjadi ketidaknyamanan di kelas;
  • Secara konsisten melaksanakan kesepakatan di kelas dalam seluruh aktivitas di ke- las, seperti kompak dalam membersihkan kelas, saling membantu, gotong royong;

 

Di Sekolah:

  • Hasil kesepakatan di kelas dilaksanakan di tingkat sekolah;
  • Membuat lomba film pendek/dokumenter/poster dengan tema semangat dan komitmen menguatkan NKRI dalam kegiatan di sekolah;
  • Membuat ikrar bersama untuk tidak melakukan sikap antidiskriminasi dan bullying, selalu antre, menjadikan sekolah sebagai wilayah antikorupsi;

 

Di Keluarga:

  • Mengamalkan kesepakatan di sekolah dalam praktek di rumah dan menyampai- kan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada seluruh anggota keluarga;
  • Selalu melaksanakan aturan yang berlaku di rumah
  • Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian di rumah;

 

Di Masyarakat:

  • Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian dengan teman bermain dan di masyarakat
  • Mengamalkan kesepakatan di sekelah dalam praktek di masyarakat dan Menyam- paikan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada teman bermain atau anggota masyarakat lainnya;
  • Selalu melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

 

 

Contoh SMP/MTs

 Kelas 9

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SMP/MTs Kelas 9

CONTOH INDIKATOR

1.5 Mengapresiasi prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal

Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

•   Menganalisis prinsip-prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

•   Merancang strategi sosialisasi prinsip- prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi,

dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

•   Menjadi teladan bagi teman sejawat dalam berperilaku sesuai prinsip- prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi,

dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

2.5 Menunjukkan sikap peduli terha- dap masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya, ekonomi dan gender di masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3.5 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial,

budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

4.5 Menyampaikan hasil analisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

  1. Harmoni dalam Kehidupan
  2. Keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan yang ada di Indonesia;
  3. Contoh-contoh sikap menerima keberagaman dan manfaatnya bagi kehidupan manusia sebagai makhluk individu dan sosial; berlaku adil dan tidak boleh
  4. Contoh-contoh sikap tidak menerima keberagam dan dampaknya di masyarakat;
  5. Prinsip-prinsip yang harus dianut dalam sikap hidup yang me- nerima keberagaman serta contohnya dalam kehidupan sosial, budaya, ekonomi, dan gender;
  6. Bhinneka Tunggal Ika dan Persatuan dalam keberagaman

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman belajar:
  1. Melakukan investigasi tentang nilai-nilai kehidupan yang berlaku di masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan 9 nilai antikorupsi dan Pancasila, yaitu nilai: Jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil dalam menguatkan harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antar- golongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal
  2. Mendiskusikan sebab dan akibat jika siswa menerapkan/ tidak menerapkan nilai- nilai dan norma serta aturan tersebut tersebut dalam konteks hak dan kewajiban anak sebagai warga
  3. Melakukan pengamatan terhadap perilaku koruptif atau perilaku antikorupsi di sekitarnya, kemudian dibuat ke dalam cerita atau menjadi topik diskusi
  4. Kerja kelompok untuk membuat film atau video pendek terkait perilaku koruptif atau perilaku antikorupsi di sekitarnya dan kemudian
  5. Bermain boardgames antikorupsi;
  6. Membuat gerakan tertentu (contoh “ehem” berdehem) ketika siswa melihat perilaku yang tidak sesuai dengan nilai keadilan ataupun nilai-nilai antikorupsi lainnya, yang terjadi di sekitarnya, dan mengampanyekannya;
  7. Mengajak siswa untuk mengelola Warung Kejujuran di Sekolah;
  8. Merancang berbagai strategi menguatkan gerakan antikorupsi sebagai ungkapan rasa cinta tanah air dan bela negara dimulai dari perilaku sederhana di lingkungan setempat dalam menguatkan harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhin- neka Tunggal
  9. Melakukan simulasi aksi-aksi cinta tanah air/bela negara melalui berbagai gerakan antikorupsi dimulai dari lingkungan sekolah, misalnya mengelola warung kejujuran

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Di Kelas:

  • Secara konsisten melaksanakan hasil kesepakatan di kelas tentang penerapan nilai-nilai kehidupan berupa: 1 antri diam ketika orang lain bicara, 3. ekspresi berdehem “Ehm” apabila terjadi ketidaknyamanan di kelas, 4. tolong menolong dan sling bantu dalam keberagaman;
  • Secara konsisten melaksanakan kesepakatan di kelas sebagai sikap menerima keberagaman di
  • Memulai dan menjaga kelas jujur, adil dan menerima

 

Di Sekolah:

  • Hasil kesepakatan di kelas dilaksanakan di tingkat sekolah;
  • Memulai dan menjaga kantin kejujuran dan sekolah jujur, dan sikap menerima keberagaman (adil).

 

Di Keluarga:

  • Mengamalkan kesepakatan di sekolah dalam praktek di rumah dan Menyampai- kan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada seluruh anggota keluarga;
  • Selalu melaksanakan aturan sesuai norma yang berlaku di rumah
  • Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian di rumah;

 

Di Masyarakat:

  • Mengamalkan kesepakatan di sekelah dalam praktek di masyarakat dan Menyam- paikan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada teman bermain atau anggota masyarakat lainnya;
  • Selalu melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
  • Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian dengan teman bermain dan di masyarakat;

 

Contoh SMP/MTs

Kelas 9

 

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SMP/MTs Kelas 9

CONTOH INDIKATOR

1.6 Menunjukkan perilaku orang beri- man dalam mencintai tanah air dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

•   Menganalisis contoh-contoh per- ilaku sehari-hari yang menunjukkan rasa cinta tanah air/bela negara

•   Menganalisis berbagai tantangan yang terjadi di masyarakat dan hubungannya dengan perilaku cinta tanah air/bela negara

•   Merancang berbagai kegiatan di lingkungan sekolah dan lingkungan setempat dalam menguatkan rasa cinta tanah air dan bela negara

•   Menjadi teladan bagi teman sejawat dan lingkungan dalam perilaku cinta tanah air/bela negara

•   Melakukan pengamatan tentang perilaku koruptif atau perilaku antikorupsi di sekitarnya, kemudian dibuat ke dalam cerita atau menjadi topik diskusi

2.6 Mengutamakan sikap disiplin sebagai warga negara sejalan dengan konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.6 Mengkreasikan konsep cinta tanah air/ bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkun- gan yang mencerminkan konsep cinta tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

  1. Sikap disiplin sebagai warga negara serta contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan bela negara
  2. Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
  3. Berbagai contoh kreasi aktivitas dan perilaku cinta tanah air/ bela negara;
  4. Kegiatan/Aktivitas di lingkungan yang mencerminkan konsep cinta tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman be- lajar:
  1. Melakukan investigasi tentang nilai-nilai kehidupan yang berlaku di masyarakat (sesuai 9 nilai antikorupsi dan sesuai dengan Pancasila) yaitu nilai: Jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan
  2. Merancang berbagai strategi menguatkan gerakan antikorupsi sebagai ungkapan rasa cinta tanah air dan bela negara dimulai dari perilaku sederhana di lingkungan
  3. Diskusi kelompok dan membuat film atau video pendek terkait perilaku koruptif atau perilaku antikorupsi di sekitarnya dan kemudian dipresentasikan
  4. Melakukan simulasi aksi-aksi cinta tanah air/bela negara melalui berbagai gerakan antikorupsi dimulai dari lingkungan sekolah misalnya mengajak siswa untuk men- gelola Warung Kejujuran di Sekolah
  5. Membuat gerakan tertentu (contoh “ehem” berdehem) ketika siswa melihat per- ilaku yang tidak sesuai dengan nilai keadilan ataupun nilai-nilai antikorupsi lainnya, yang terjadi di sekitarnya, dan mengampanyekannya
  6. Media Pembelajaran: Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Sekolah; Film Sahabat Pemberani; Film ACFFest, Boardgames PDKT

 

 

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Di Kelas:

  • Secara konsisten melaksanakan hasil kesepakatan di kelas tentang penerapan sikap disiplin dan sikap cinta tanah air berupa: 1 antri diam ketika orang lain bicara,
  • ekspresi berdehem “Ehm” apabila terjadi ketidaknyamanan di kelas, tolong menolong dan saling bantu dalam keberagaman;
  • Konsisten melaksanakan kesepakatan di kelas sebagai sikap cinta tanah

 

Di Sekolah:

  • Hasil kesepakatan di kelas dilaksanakan di tingkat sekolah;
  • Memulai dan menjaga kantin kejujuran dan sekolah jujur, dan sikap menerima
  • Merancang aktivitas kreatif sebagai bukti cinta tanah air dalam rangka menguatkan NKRI;

 

Di Keluarga:

  • Mengamalkan kesepakatan di sekolah dalam praktek di rumah dan menyampai- kan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada seluruh anggota keluarga;
  • Selalu melaksanakan aturan sesuai norma yang berlaku di rumah;
  • Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian di rumah;

 

Di Masyarakat:

  • Mengamalkan kesepakatan di sekelah dalam praktek di masyarakat dan menyam- paikan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah kepada teman bermain atau anggota masyarakat lainnya;
  • Selalu melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
  • Memberi contoh praktek pembiasaan di sekolah dalam keseharian dengan teman bermain dan di

 

 

Contoh SMA/SMK/MA

 Kelas 10

 

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

 

 

KD PPKn SMA/MA/SMK Kelas 10

CONTOH INDIKATOR

1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa

•   Mengidentifikasi berbagai jenis lembaga yang termasuk kategori lem- baga negara menurut UUD 1945

•   Menguraikan fungsi dan kewenangan lembaga negara menurut UUD 1945

•   Menganalisis keterkaitan antara fungsi dan kewenangan antar lembaga negara dalam mencegah tindak pidana korupsi sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

•   Merancang berbagai aksi nyata melalui lembaga-lembaga yang ada disekolah sebagai bentuk kepedulian terhadap keberadaan lembaga-lem- baga tersebut.

•   Melakukan investigasi tentang lembaga-lembaga negara yang bertugas untuk memberantas korupsi, menegakkan keadilan di Indonesia (salah satunya lembaga KPK).

2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di sekolah sebagai cermi- nan dari lembaga-lembaga negara

3.3 Menganalisis fungsi dan ke- wenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

 

  1. Jenis Lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dari waktu ke waktu;
  2. Jenis Lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kondisi saat ini;
  3. Fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara;
  4. Nilai yang terkait dengan fungsi dan kewenangan lembaga negara;
  5. Lebih rinci tentang masing-masing lembaga negara;
  6. Langkah-langah melakukan analisis tentang keberadaan lembaga-lembaga

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman be- lajar:
  1. Mendiskusikan apa itu korupsi, bahaya serta dampak buruk korupsi yang dapat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia
  2. Membentuk kelompok-kelompok diskusi, kemudian mengajak mereka untuk mengamati pemberitaan media massa mengenai lembaga-lembaga negara yang bertugas untuk memberantas korupsi. Siswa membuat paparan dan melakukan
  3. Melakukan kunjungan belajar ke KPK atau lembaga lain yang ada di daerah untuk memahami tugas dan fungsi KPK atau lembaga lain di lingkungan setempat dalam upaya pemberantasan Atau sebaliknya, mengundang perwakilan KPK untuk mengisi sesi pembelajaran di sekolah untuk mengenalkan tugas dan fungsi KPK sebagai lembaga negara yang memberantas korupsi.
  4. Melakukan simulasi aksi-aksi nyata sebagai upaya mendukung fungsi-fungsi lem- baga negara, misalnya dengan melibatkan siswa dalam melakukan kegiatan kam- panye antikorupsi di sekolah, misalnya melibatkan siswa dalam mengelola Warung Kejujuran di sekolah dan berbagai kegiatan lain
  5. Bahan Ajar: Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pa- hami Dulu Baru Lawan; Film ACFFest; Film Kita VS Korupsi, Boardgames PDKT

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Di Kelas: 

  • Mempraktekkan nilai-nilai yang terkait dengan fungsi dan kewenangan lembaga negara, seperti korupsi, pelanggaran hukum dan lain-lain;
  • Menyepakati untuk mempraktekkan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di kelas dalam seluruh kegiatan pembelajaran;
  • Mengikuti lomba terkait seperti lomba poster, lomba debat, lomba CJ, tentang nilai terkait fungsi tiap lembaga, dan lain-lain;
  • Memasang poster relevan di kelas terkait nilai lembaga negara;

 

Di Sekolah:

  • Mempraktekkan kesepakatan di kelas dan di sekolah;

 

Dengan Teman Bermain:

  • Mengajak teman untuk menerapkan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di dalam kegiatan bersama teman;
  • Membiasaan diskusi untuk mencari solusi setiap permasalahan;

 

Di Keluarga:

  • Menyampaikan informasi tentang penerapan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di kelas dan sekolah kepada keluarga di rumah;
  • Mengajak keluarga menerapkan di rumah;

 

Di Masyarakat:

  • Menyampaikan informasi tentang penerapan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di kelas dan sekolah kepada masyarakat;
  • Mengajak masyarakat untuk menerapkannya;

 

 

 

Contoh SMA/SMK/MA

Kelas 10

 

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

 

KD PPKn SMA/MA/SMK Kelas 10

CONTOH INDIKATOR

1.6 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas anca- man terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

•  Mengidentifikasi berbagai bentuk ancaman terhadap negara, dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, bu- daya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, misalnya berbagai modus tindak pidana korupsi

•  Mengidentifikasi berbagai upaya atau tindakan nyata dalam menghadapi berbagai ancaman negara di bidang ideologi.

•  Menganalisis berbagai upaya dan hambatan yang sering ditemui ketika menyelesaikan berbagai persoalan ancaman terhadap negara.

•  Merancang berbagai aktivitas atau aksi nyata sebagai bentuk responsif dan proaktif generasi muda dalam memban- tu upaya penyelesaian persoalan terkait dengan ancaman terhadap negara

•  Melakukan investigasi dan analisis terhadap berbagai jenis ancaman terha- dap negara, misalnya perilaku koruptif dan tindak pidana korupsi, bahaya serta dampak buruk korupsi yang dapat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan kea- manan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekono- mi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.6 Menyaji hasil analisis tentang anca- man terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideolo- gi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

 

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

 

  1. Ancaman terhadap negara di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhin- neka Tunggal
  2. Contoh-contoh ancaman terhadap negara di berbagai bidang. Khususnya Korupsi;
  3. Upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhin- neka Tunggal Ika;
  4. Contoh-contoh upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, khususnya upaya penang- gulangan korupsi

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman be- lajar:
  1. Menganalisis fungsi lembaga KPK dalam upaya mengatasi dan menghadapi berba- gai tantangan dan ancaman negara, misalnya upaya-upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
  2. Membentuk kelompok-kelompok diskusi, kemudian mengajak mereka untuk mengamati pemberitaan media massa mengenai lembaga-lembaga negara yang bertugas untuk memberantas korupsi. Siswa membuat paparan dan melakukan
  3. Melakukan simulasi aksi-aksi nyata sebagai bentuk sikap responsif dan proaktif atas ancaman terhadap negara melalui berbagai gerakan antikorupsi dimulai dari lingkungan sekolah misalnya dengan melibatkan siswa dalam melakukan kegiatan kampanye antikorupsi di sekolah, melibatkan siswa dalam mengelola Warung Keju- juran di sekolah dan berbagai kegiatan lain yang relevan.
  4. Bahan Ajar : Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Film ACFFest; Film Kita VS Korupsi, Boardgames PDKT

 

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Di Kelas:

  • Mempraktekkan sikap antikorupsi di lingkup kelas;
  • Menyepakati untuk mempraktekkan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di kelas dalam seluruh kegiatan pembelajaran;
  • Melakukan gerakan bersama untuk penanggulangan korupsi dan ancaman lainnya;
  • Memasang poster relevan di kelas terkait nilai antikorupsi;

 

Di Sekolah:

  • Mempraktekkan kesepakatan kelas di lingkup sekolah;

 

Dengan Teman Bermain:

  • Mengajak teman untuk menerapkan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di kegiatan bersama teman;
  • Membiasaan diskusi untuk mencari solusi setiap permasalahan;

 

Di Keluarga:

  • Menginformasikan kepada keluarga mengenai ekspresi berdehem “Ehm” manaka- la terjadi perilaku koruptif di rumah;
  • Menyampaikan kegiatan di sekolah dan mengajak keluarga menerapkan di rumah;

 

Di Masyarakat:

  • Menginformasikan kepada masyarakat mengenai ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di rumah;
  • Menyampaikan kegiatan di sekolah dan mengajak masyarakat untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Contoh SMA/SMK/MA

Kelas 11

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SMA/MA/SMK Kelas 11

CONTOH INDIKATOR

1.1 Menghargai hak asasi manusia berdasarkan perspektif pancasila sebagai anugerah Tuhan YME

•   Mengidentifikasi berbagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia di lingkungan setempat

•   Menganalisis berbagai bentuk pel- anggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila

•   Menyajikan hasil analisis terhadap pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila melalui berbagai media

•   Merancang berbagai bentuk aktifi- tas atau aksi nyata sebagai bentuk kepedulian terhadap penegakkan hak asasi manusia sesuai perspektif Pancasila

2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi manusia berdasarkan perspektif pancasila dalam kehidupan ber- bangsa dan bernegara

3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan ber- bangsa dan bernegara

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

 

  1. Pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  2. Contoh-contoh pelanggaran hak asasi manusia dalam lingkup kecil hingga luas (kelas, sekolah, rumah, hingga nasional)
  3. Bentuk kepedulian terhadap Hak Asasi Manusia

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman be- lajar:
  1. Mengenalkan kepada siswa bahwa tindak pidana korupsi adalah salah satu bentuk pelanggaran hak asasi manusia dan tidak sesuai dengan nilai-nilai (Den- gan memberikan contoh-contoh kasus korupsi)
  2. Membuat project film pendek, VLOG, pertunjukan drama, musikalisasi puisi den- gan tema
  3. Mendiskusikan tentang Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi yang berlaku di Indonesia dan bentuk penegakkan hukum terhadap pelaku korupsi
  4. Mendiskusikan berbagai bentuk-bentuk atau upaya pencegahan korupsi yang dimulai dari diri sendiri
  5. Membuat tulisan tentang korupsi yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan hukuman bagi pelaku korupsi
  6. Melibatkan siswa dalam melakukan kegiatan kampanye antikorupsi di sekolah
  7. Bahan Ajar: Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pa- hami Dulu Baru Lawan; Film ACFFest; Film Kita VS Korupsi, Boardgames PDKT

 

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Di Kelas: 

  • Mempraktekkan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di kelas dalam seluruh kegiatan pembelajaran;
  • Membuat kesepatan mempraktekkan nilai antikorupsi dan peduli dalam lingkup kelas;
  • Memasang poster relevan di kelas, dan memperbanyak kegiatan project base, seperti membuat film, karya tulis, poster dan lain-lain terkait antikorupsi;

 

Di Sekolah:

  • Mempraktekkan kesepakatan di kelas dalam lingkup sekolah;

 

Dengan Teman Bermain:

  • Mempraktekkan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di dalam pergaulan dengan teman;
  • Membiasaan diskusi untuk mencari solusi setiap permasalahan;

 

Di Keluarga:

  • Mempraktekkan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di rumah;
  • Menyampaikan kegiatan pembiasaan di sekolah ke rumah dan mulai membiasakan di rumah;

 

Di Masyarakat:

  • Mempraktekkan ekspresi berdehem “Ehm” manakala terjadi perilaku koruptif di masyarakat;
  • Menyampaikan kegiatan pembiasaan di sekolah ke rumah dan mulai membiasakan di masyarakat;

 

Contoh SMA/SMK/MA

Kelas 11

 

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SMA/MA/SMK Kelas 11

CONTOH INDIKATOR

1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk peng- abdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

•   Mendeskripsikan alur atau bentuk sistem hukum dan peradilan di Indo- nesia sesuai dengan UUD 1945

•   Menganalisis keterkaitan antar unsur dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan UUD 1945

•   Mempresentasikan hasil analisis terhadap sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai UUD 1945

•   Merancang bentuk-bentuk aksi nyata mendukung tegaknya sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan UUD 1945

•   Melakukan investigasi tentang per- lunya sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

2.3 Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan sistem hukum dan peradilan di Indonesia

3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai den- gan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.3 Menyaji hasil penalaran tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

  1. Hukum dan Peradilan
  2. Sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  3. Nilai-nilai yang terkandung dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia
  4. Sikap Disiplin terhadap
  5. Beberapa bentuk hukum dan peradilan dan dampaknya terhadap penegakkan tindak pidana

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman be- lajar:
  1. Mendiskusikan keterkaitan antara Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi yang ber- laku di Indonesia dan bentuk penegakkan hukum dan sistem peradilan terhadap pelaku korupsi
  2. Melakukan investigasi dan kampanye berkaitan dengan berbagai bentuk-bentuk atau upaya pencegahan korupsi yang dimulai dari diri sendiri
  3. Membuat tulisan tentang korupsi yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan hukuman bagi pelaku korupsi sebagai bentuk nyata penegakkan sistem hukum dan peradilan di Indoensia sesuai dengan UUD 1945
  4. Melakukan simulasi aksi-aksi nyata mendukung sistem hukum dan peradilan mela- lui berbagai gerakan antikorupsi dimulai dari lingkungan sekolah misalnya dengan melibatkan siswa dalam melakukan kegiatan kampanye antikorupsi di sekolah, misalnya melibatkan siswa dalam mengelola Warung Kejujuran di sekolah dan berbagai kegiatan lain yang relevan.
  5. Bahan Ajar: Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pa- hami Dulu Baru Lawan; Film ACFFest; Film Kita VS Korupsi, Boardgames PDKT

 

 

PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Di Kelas:

  • Mempraktekkan ekspresi terhadap ketidaknyaman manakala ada perilaku koruptif dengan berdehem “Ehm” di kelas dalam seluruh pembelajaran;
  • Membuat kesepatan mempraktekkan disiplin menaati aturan di kelas;
  • Memperbanyak kegiatan project base, seperti membuat film, karya tulis, poster dan lain-lain terkait sistem peradilan di Indonesia
  • Memperbanyak diskusi tentang persoalan hukum, khususnya peradilan tipikor

 

Di Sekolah:

  • Mempraktekkan kesepakatan di kelas dalam lingkup sekolah;

 

Dengan Teman Bermain:

  • Mengajak teman untuk menerapkan ekspresi terhadap ketidaknyaman manakala ada perilaku koruptif dengan berdehem “Ehm” dalam berbagai kegiatan;
  • Membiasaan diskusi untuk mencari solusi setiap permasalahan, khususnya peradi- lan tipikor;

 

Di Keluarga:

  • Menyampaikan kegiatan pembiasaan di sekolah ke rumah dan mulai membiasakan di rumah;

 

Di Masyarakat:

  • Menyampaikan kegiatan pembiasaan di sekolah ke masyarakat dan mulai membia- sakan di masyarakat;
  • Mengambil peran dalam perbincangan tentang korupsi dan peradilan tipikor yang menjadi berita media 

 


Contoh SMA/SMK/MA

Kelas 12

 

   

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

KD PPKn SMA/MA/SMK Kelas 12

CONTOH INDIKATOR

1.1 Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia

•   Mengidentifikasi berbagai bentuk pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di lingkungan setempat

•   Menganalisis berbagai bentuk pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam ke- hidupan berbangsa dan bernegara

•   Menyajikan hasil analisis dampak pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam ke- hidupan berbangsa dan bernegara

•   Merancang berbagai bentuk aktifitas atau aksi nyata sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya pencegahan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga ne-

gara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pel- anggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam ke- hidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pan- casila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam ke- hidupan berbangsa dan bernegara

 


PENGETAHUAN  YANG DIBELAJARKAN

 

  1. Nilai-nilai Pancasila.
  2. Contoh-contoh pelanggaran hak yang tidak sesuai den- gan nilai-nilai pancasila
  3. Contoh-contoh pengingkaran kewajiban warga negara yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  4. Kasus-kasus pelanggaran hak yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan
  5. Kasus-kasus pengingkaran kewajiban warga negara yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan

  


KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman be- lajar:
  1. Menganalisis contoh-contoh perilaku bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila sekaligus sebagai bentuk pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara, misalnya menganalisis berbagai bentuk modus tindak pidana korupsi yang terjadi di lingkungan setempat
  2. Melakukan investigasi tentang contoh-contoh penegakkan hukum di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan berbagai modus tindak pidana
  3. Menganalisis berbagai bentuk gerakan masyarakat dalam upaya memasyarakatkan semangat antikorupsi diawali dengan menonton film antikorupsi
  4. Melakukan berbagai simulasi, misalnya melalui permainan boardgames antikorup- si
  5. Membuat tulisan tentang korupsi sebagai bentuk perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila sekaligus sebagai bentuk pelanggaran hak dan peng- ingkaran kewajiban warga negara, misalnya menganalisis berbagai bentuk modus tindak pidana korupsi yang terjadi di lingkungan
  6. Bahan Ajar: Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pa- hami Dulu Baru Lawan; Film ACFFest; Film Kita VS Korupsi; Boardgames PDKT

 


PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Di Kelas:

  • Mempraktekkan ekspresi terhadap ketidaknyaman dengan berdehem “Ehm” di kelas dalam seluruh kegiatan pembelajaran;
  • Membuat kesepakatan mempraktekkan sikap proaktif dan responsif pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Membiasakan berdisiplin dan konsisten dalam menaati aturan
  • Memperbanyak kegiatan project base, seperti membuat film, karya tulis, poster dan lain-lain terkait pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara di Indonesia;

 

Di Sekolah:

  • Mempraktekkan kesepakatan di kelas dalam lingkup sekolah

 

Dengan Teman Bermain:

  • Mengajak teman untuk mempraktekkan ekspresi terhadap dengan berdehem “Ehm” dberbagai kegiatan;

 

Di Keluarga:

  • Menyampaikan kegiatan pembiasaan di sekolah ke rumah dan mulai membiasakan di rumah;

 

Di Masyarakat:

  • Menyampaikan kegiatan pembiasaan di sekolah ke masyarakat dan mulai membia- sakan di masyarakat;
  • Mengambil peran dalam perbincangan tentang pelanggaran hak dan penging- karan kewajiban warga negara yang ada di

 

Contoh SMA/SMK/MA 

Kelas 12

 

  

KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI

 

KD PPKn SMA/MA/SMK Kelas 12

CONTOH INDIKATOR

1.2 Menjalankan perilaku orang beri- man dalam praktik perlindungan dan penegakkan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

•   Mengidentifikasi berbagai bentuk perlindungan dan penegakkan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

•   Menganalisis berbagai tantangan yang dihadapi dalam praktik per- lindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

•   Menyajikan hasil analisis terhadap tantangan yang dihadapi dalam praktik perlindungan dan pe- negakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

•   Merancang berbagai bentuk aktifi- tas atau aksi nyata praktik perlind- ungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

2.2 Berperilaku jujur dalam praktik per- lindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat

3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menja- min keadilan dan kedamaian

4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

 

 


PENGETAHUAN YANG DIBELAJARKAN

 

  1. Praktik-praktik perlindungan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian;
  2. Contoh-contoh Praktik perlindungan hukum untuk men- jamin keadilan dan kedamaian;
  3. Praktik penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian;
  4. Contoh-contoh Praktik penegakan hukum untuk menja- min keadilan dan kedamaian;
  5. Makna mengevaluasi dan tekniknya;

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Contoh kegiatan untuk membangun pengalaman belajar:
  1. Menganalisis dan mendiskusikan berbagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan perlindungan dan pen- egakkan hukum dalam menjamin keadilan dan kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  2. Melakukan investigasi terhadap berbagai kasus korupsi dan upaya untuk mem- berikan perlindungan dan penegakkan hukum dalam menjamin keadilan dan kedamaian di sekitarnya, kemudian dibuat ke dalam cerita atau menjadi topik diskusi
  3. Mendiskusikan bentuk-bentuk atau upaya pencegahan korupsi sebagai wujud kepedulian kita dalam perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  4. Merancang berbagai upaya praktik perlindungan dan penefakkan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian yang dimulai dari diri sendiri dan membuat film atau video pendek terkait perilaku koruptif atau perilaku antikorupsi di seki- tarnya dan kemudian dipresentasikan
  5. Mengadopsi atau adaptasi model pembelajaran dari Buku 99+1 Model Pembelajaran Misalnya: Storytelling Antikorupsi, Shaking Games Antikorupsi, dan Think Talk Write Antikorupsi.
  6. Media Pembelajaran: Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Film ACFFest; Film Kita VS Korupsi; Boardgames PDKT

 


PENGAMALAN DAN PEMBIASAAN DALAM KEHIDUPAN

Di Kelas:

  • Mempraktekkan ekspresi terhadap ketidaknyaman dengan berdehem “Ehm” di kelas dalam seluruh kegiatan pembelajaran;
  • Membiasakan jujur, berdisiplin dan konsisten dalam penegakan aturan di kelas;
  • Membuat rancangan perlindungan hukum dan penegakan hukum dalam aturan yang berlaku di

 

Di Sekolah:

  • Mempraktekkan kesepakatan di kelas dalam lingkup sekolah;

 

Dengan Teman Bermain:

  • Mengajak teman untuk mempraktekkan ekspresi terhadap ketidaknyaman dengan berdehem “Ehm” di dalam setiap kegiatan bersama;
  • Mendorong kebiasaan jujur, berdisiplin dan konsisten dalam penegakan aturan

 

Di Keluarga:

  • Menceritakan kegiatan pembiasaan di sekolah ke rumah dan mulai membiasakan di rumah;
  • Membiasakan jujur, berdisiplin dan konsisten dalam penegakan aturan di rumah dan mendorong penerapan berkelanjutan;

 

Di Masyarakat:

  • Menceritakan kegiatan pembiasaan di sekolah ke masyarakat dan mulai membiasa- kan di masyarakat;
  • Membiasakan jujur, berdisiplin dan konsisten dalam penegakan aturan di masyarakat dan mendorong penerapan

  


PENILAIAN HASIL BELAJAR, MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM

 
 
Penilaian hasil belajar dilakukan oleh guru di sepanjang proses pembelajaran. Penilaian tersebut akan memberikan gambaran ten- tang efektivitas pelaksanaan pendidikan antikorupsi. Untuk itu, semua perangkat penilaian harus ditujukan kepada pencapaian tujuan pen- didikan, sehingga data dan informasi yang diperoleh dapat sekaligus dipergunakan sebagai dasar untuk memperbaiki program.

Dari proses penilaian dapat dilihat kemajuan belajar peserta didik se- cara terus menerus.

Untuk memastikan pembelajaran berjalan efektif, dilakukan monitor- ing dan evaluasi terhadap keseluruhan komponen pembelajaran, baik terhadap input, proses, maupun hasil pembelajaran.

 


 

Pastikan Pembelajaran Berjalan Efektif

Pastikan proses pembelajaran berja- lan sesuai tujuan pembelajaran.

 

  1. Pastikan Rancangan Pembelajaran disusun berdasarkan inisiatif dan atas dasar usaha sadar dan terencana. Sehingga setiap aktivitas yang akan dilakukan dapat dikontrol dengan baik.
  2. Pastikan semua aktivitas yang dilakukan tidak menyimpang terlalu jauh dari perencanaan. Jika terjadi hal-hal di luar perencanaan yang tidak dapat diprediksi sebelumnya, segera lakukan perbaikan dalam perencanaan atau mengubah strategi pelaksanaan.
  3. Pastikan perkembangan hasil belajar peserta didik diketahui secara simul- tan. Dan pendidik fokus memperbaiki kompetensi peserta didik yang belum tercapai dan mendorong pengamalan lebih luas bagi peserta didik yang telah mencapai kompe- tensi yang diharapkan.
  4. Pastikan bahwa semua pihak, baik sesama pendidik, peserta didik, orang tua, dan masya- rakat, ikut berpartisipasi untuk menjaga keterlak- sanaan semua aktivitas yang dilakukan dan men- jaga konsistensi penga- malan hasil belajar dalam kehidupan, kapanpun, di manapun, dan dalam kondisi apapun.

 


 

Contoh Teknis Penilaian

 

Penilaian dilakukan terhadap keterlaksaaan proses dan pencapaian kompetensi peserta didik. Teknis penilaian dilakukan dengan men- ceklist indikator yang sudah dicapai. Berikut contoh indikator ketercapaian proses dan indikator pencapaian kompetensi peserta didik.

 

 

 

CONTOH SD KELAS BAWAH

 

  • Lembar Penilaian Keterlaksanaan Proses Insersi Pendidikan An- tikorupsi di Kelas 2

 

Indikator

Ceklist

1. Adanya perencanaan yang telah dipersiapkan

 

2. Adanya konsistensi antara perencanaan dengan pelaksanaan

 

3. Siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran;

 

4. Guru melakukan ceklist pencapaian kompetensi selama proses belajar;

 

5. Guru melakukan pengolahan dan pendokumentasian hasil ceklist selama proses belajar;

 

6. Guru melakukan analisis dan tindak lanjut terhadap hasil penilaian proses belajar.

 

 

  

 

  • Lembar Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Mata Pela- jaran PPKN Kelas 2

 

1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah

2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah

3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah

4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah

 

 

No

Nama

Indikator

Skor

Deskripsi Nilai- nilai (Disiplin, Jujur, Tang- gung- jawab)

 

 

Menyebut-

Menceri-

Dapat mel-

Terbiasa

 

 

 

kan aturan

takan pen-

aksanakan

mengikuti

 

 

 

dan tata

galaman

aturan yang

aturan dan

 

 

 

tertib yang

pribadi

berlaku di

menghindari

 

 

 

berlaku di

sekolah

dengan

jujur ketika mengikuti

sekolah;

perilaku

yang melanggar

 

 

 

 

aturan

yang

 

aturan.

 

 

 

 

berlaku di

 

 

 

 

 

 

sekolah

 

 

 

 

 

 

dan tidak

 

 

 

 

 

 

mengikuti;

 

 

 

1

AHMAD

v

v

 

 

 

 

2

ANI

v

v

v

v

 

 

3

FARID

v

v

v

 

 

 

4

WAWAN

v

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Penentuan skor berdasarkan pembobotan tiap indikator. Pembobotan tiap indikator diserahkan kepada masing-masing guru sesuai dengan tingkat kepentingannya.

 

CONTOH SD KELAS ATAS

 

•  Lembar Penilaian Keterlaksanaan Proses   Insersi Pendidikan An- tikorupsi di Kelas 6

 

Indikator

Ceklist

1. Adanya perencanaan yang telah dipersiapkan

 

2. Adanya konsistensi antara perencanaan dengan pelaksanaan

 

3. Siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran;

 

4. Guru melakukan ceklist pencapaian kompetensi selama proses belajar;

 

5. Guru melakukan pengolahan dan pendokumentasian hasil ceklist selama proses belajar;

 

6. Guru melakukan analisis dan tindak lanjut terhadap hasil penilaian proses belajar.

 

 

 

 

 

  • Lembar Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Mata Pela- jaran PPKN Kelas 6

 

1.2 Menghargai makna kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama

2.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air

3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, ha, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

 

No

Nama

Indikator

Skor

Deskripsi Nilai- nilai (Tang- gung- jawab, Peduli, Disiplin, Berani, Adil)

 

 

Menye-

Menje-

Melak-

Berperan

 

 

 

butkan

laskan

sanakan

aktif dalam

 

 

 

kewajiban,

dampak

kewajiban,

mendeklar-

 

 

 

hak, dan

dari

hak, dan

asikan

 

 

 

tanggung

kewajiban,

tanggung

pentingnya

 

 

 

jawab

hak, dan

jawab

melak-

 

 

 

sebagai

tanggung

sebagai

sanakan

 

 

 

warga

jawab

warga ne-

kewajiban,

 

 

 

negara;

sebagai

warga ne-

gara dalam

kehidupan

hak, dan

tanggung

 

 

 

 

gara dalam

kehidupan

sehari-hari;

jawab

sebagai

 

 

 

 

sehari-hari;

 

warga ne-

gara dalam

 

 

 

 

 

 

kehidupan

 

 

 

 

 

 

sehari-hari;

 

1

AHMAD

v

v

 

 

 

 

2

ANI

v

v

v

v

 

 

3

FARID

v

v

v

 

 

 

4

WAWAN

v

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Penentuan skor berdasarkan pembobotan tiap indikator. Pembobotan tiap indikator diserahkan kepada masing-masing guru sesuai dengan tingkat kepentingannya.

 

 

CONTOH SMP/MTs

 

•  Lembar Penilaian Keterlaksanaan Proses   Insersi Pendidikan An- tikorupsi di Kelas 7

 

 

Indikator

Ceklist

1. Adanya perencanaan yang telah dipersiapkan

 

2. Adanya konsistensi antara perencanaan dengan pelaksanaan

 

3. Siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran;

 

4. Guru melakukan ceklist pencapaian kompetensi selama proses belajar;

 

5. Guru melakukan pengolahan dan pendokumentasian hasil ceklist selama proses belajar;

 

6. Guru melakukan analisis dan tindak lanjut terhadap hasil penilaian proses belajar.

 

 

 

 

 

  • Lembar Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Mata Pela- jaran PPKN Kelas 7

 

1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan YME

2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan

3.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan

4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan ber- masyarakat untuk mewujudkan keadilan

 

No

Nama

Indikator

Skor

Deskripsi Nilai- nilai (Tang- gung- jawab, Disiplin, Adil)

 

 

Mengi-

Menga-

Merancang

Menjadi te-

 

 

 

dentifikasi

nalisis

strategi

ladan bagi

 

 

 

norma-

nilai-nilai

sosialisasi

teman seja-

 

 

 

norma

keadilan

norma-nor-

wat dalam

 

 

 

yang yang

dalam

ma dalam

berperilaku

 

 

 

berlaku

norma-nor-

mewujudkan

sesuai den-

 

 

 

dalam

ma yang

keadilan

gan norma-

 

 

 

kehidupan

berlaku

dalam ke-

norma

 

 

 

masyarakat

dalam

hidupan ber-

keadilan

 

 

 

setempat

masyarakat

setempat

masyarakat

di lingkungan

dalam

masyarakat

 

 

 

 

 

setempat

 

 

1

AHMAD

v

v

 

 

 

 

2

ANI

v

v

v

v

 

 

3

FARID

v

v

v

 

 

 

4

WAWAN

v

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Penentuan skor berdasarkan pembobotan tiap indikator. Pembobotan tiap indikator diserahkan kepada masing-masing guru sesuai dengan tingkat kepentingannya.

 

CONTOH SMA/SMK/MA

 

•  Lembar Penilaian Keterlaksanaan Proses  Insersi Pendidikan An- tikorupsi di Kelas 11

 

 

Indikator

Ceklist

1. Adanya perencanaan yang telah dipersiapkan

 

2. Adanya konsistensi antara perencanaan dengan pelaksanaan

 

3. Siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran;

 

4. Guru melakukan ceklist pencapaian kompetensi selama proses belajar;

 

5. Guru melakukan pengolahan dan pendokumentasian hasil ceklist selama proses belajar;

 

6. Guru melakukan analisis dan tindak lanjut terhadap hasil penilaian proses belajar.

 

 

 

 

 

  • Lembar Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Mata Pela- jaran PPKN Kelas 11

 

KD:

1.1 Menghargai hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan YME

2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam ke- hidupan berbangsa dan bernegara

3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

No

Nama

Indikator

Skor

Deskripsi Nilai- nilai (Tang- gung- jawab, Disiplin, Peduli, Adil)

 

 

Mengi-

Menga-

Menyaji-

Merancang

 

 

 

dentifikasi

nalisis

kan hasil

berbagai

 

 

 

berbagai

berbagai

analisis

bentuk

 

 

 

bentuk

bentuk pel-

terhadap

aktifitas atau

 

 

 

pelang-

anggaran

pelang-

aksi nyata

 

 

 

garan

hak asasi

garan hak

sebagai

 

 

 

hak asasi

manusia

asasi manu-

bentuk

 

 

 

manusia di

dalam

sia dalam

kepedulian

 

 

 

lingkungan

perspektif

perspektif

terhadap

 

 

 

setempat

Pancasila

Pancasila

melalui

penegakkan

hak asasi

 

 

 

 

 

berbagai

manusia

 

 

 

 

 

media

sesuai

perspektif

 

 

 

 

 

 

Pancasila

 

1

AHMAD

v

v

 

 

 

 

2

ANI

v

v

v

v

 

 

3

FARID

v

v

v

 

 

 

4

WAWAN

v

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Penentuan skor berdasarkan pembobotan tiap indikator. Pembobotan tiap indikator diserahkan kepada masing-masing guru sesuai dengan tingkat kepentingannya.

 

 

 

PETA KOMPETENSI PPKn TERKAIT PENDIDIKAN ANTIKORUPSI

Sesuai Permendikbud No. 24 Tahun Tahun 2016

 

 

Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) morupakan lokomotif dalam Pendidikan Antikorupsi. Berikut peta kompetensi mata pelajaran PPKn dari kelas 1 sampai dengan kelas 12. Yang disusun dimulai dari kelas teratas.

Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

Indikator Hasil Belajar

Ting- katan Kelas

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pela- jaran

Contoh Media/ Alat bantu Pembelajaran

Memperkenalkan aturan di rumah, sekolah dan ling- kungan tempat tinggal melalui cerita, permainan, aktivitas dan simbol-simbol ketaatan.

•   Mengenali nilai-nilai integritas jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil) yang dibutuhkan dalam keseharian;

•   Memahami perlunya nilai-nilai integritas (jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil) dalam kehidupan sehari- hari;

 

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah

Belajar memahami dan melaksanakan aturan- aturan yang berlaku di rumah, seperti jujur, tanggung jawab, mandiri, kerjasama, tertib/disip- lin, bersyukur sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidu- pan sehari-hari.

Kosa kata tentang pen- galaman yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pan- casila. Menunjukkan dan mempraktikan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-

nilai Pancasila. Mengenal dan membiasakan melak- sanakan aturan yang ber- laku di rumah, di sekolah, dan di lingkungan.

Si Kumbi “Angin di Perut Osyi”

Si Kumbi “Ayo terbang Momoa Kecil”

Si Kumbi “Bu- rung Namdur Harus Jujur”

 

•   Menunjukkan dengan benar contoh pengamalan nilai-nilai integritas dalam kehidupan sehari-hari;

 

I

 

 

.

 

 

•   Mempraktikan tindakan pencegahan terhadap perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai integritas (perbuatan curang, menyontek, tidak disiplin dst).

 

 

 

 

 

 


Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

Indikator Hasil Belajar

Ting- katan Kelas

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pela- jaran

Contoh Media/ Alat bantu Pembelajaran

Memperkenalkan aturan di rumah, sekolah dan ling- kungan tempat tinggal melalui cerita, permainan, aktivitas dan simbol-simbol ketaatan.

•   Mengenali nilai-nilai integritas jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil) yang dibutuhkan dalam keseharian;

•   Memahami perlunya nilai-nilai integritas (jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil) dalam kehidupan sehari- hari;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II

3.2 Mengidentifi- kasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah

Belajar memahami dan melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di sekolah, seperti jujur, tang- gung jawab, mandiri, kerjasama, tertib/disi- plin, bersyukur sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menerapkan aturan dan tatatertib di sekolah, bersatu dalam keberagaman, gotong royong dan kebersamaan.

Bintang untuk Dafi

Berani Jujur, Yuk !

Celengan Ayam

Dakon

 

•   Menunjukkan dengan benar contoh pengamalan nilai-nilai integritas dalam kehidupan sehari-hari;

 

 

 

 

 

 

•   Mempraktikan tindakan pencegahan terhadap perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai integritas (perbuatan curang, menyontek, tidak disiplin dst).

 

 

 

 

 

 


Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkem- bangan

 

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

 

Contoh Media/ Alat bantu Pembelajaran

Memperkenal- kan aturan di rumah, sekolah dan lingkungan tempat tinggal melalui cerita, permainan, aktivitas dan simbol-simbol ketaatan.

•   Mengenali nilai-nilai integritas jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil) yang dibutuhkan dalam keseharian;

•   Memahami perlunya nilai-nilai integritas (jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil) dalam kehidupan sehari-hari;

•   Menunjukkan dengan benar contoh pengamalan nilai-nilai integritas dalam kehidupan sehari-hari;

III

3.2 Mengidentifi- kasi kewajiban dan hak sebagai ang- gota keluarga dan warga sekolah

Belajar memahami dan melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di rumah, se- kolah dan lingkungan, seperti jujur, tang- gung jawab, mandiri, kerjasama, tertib/disi- plin, bersyukur sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menunjukkan contoh perilaku terpuji (jujur ketika berbicara,santun selama berinteraksi di rumah dan sekolah.

Contoh sikap penga- malan sila pertama Pancasila (jujur, tang- gung jawab)

Contoh perilaku yang harus dihindari karena bertentangan dengan sila pertama Pancasila (nyontek, ambil ba- rang/uang teman)

Sahabat Pem- berani

Byur (kisah- kisah fabel)

Ya Ampun (himpunan beberapa dongeng)

Hujan Warna Warni (kisah- kisah fantasi

 

•   Mempraktikan tindakan pencega- han terhadap perbuatan-perbua- tan yang bertentangan dengan nilai-nilai integritas (perbuatan curang, menyontek, tidak disiplin dst).

 

 

 

 

 

 

 


Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

 

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

Contoh Media/ Alat bantu Pembela- jaran

Menguatkan penyadaran tentang manfaat aturan bagi kehidupan, baik kehidupan diri pribadi maupun kehidupan sosial dan lingkungan.

•   Menyadari manfaat

nilai-nilai integritas (jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil) untuk diri pribadi dan sosial;

•   Menyebutkan contoh- contoh manfaat dari penerapan nilai-nilai integritas;

 

3.3 Menjelaskan manfaat keberaga- man karakteristik individu dalam ke- hidupan seharihari

Menghargai keberaga- man dalam kehidupan, dan berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan san- tun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.

Contoh sikap gotong royong dalam berteman yang sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. (kebersamaan). Pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang dalam ke- hidupan masyarakat dengan benar. Contoh pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga sekolah dan warga masyarakat.

Wuuush (kumpu- lan kisah bergenre

fiksi realistik kontempo- rer)

Aku Cinta Indonesia

 

•   Merespon praktek penerapan nilai-nilai integritas dalam keseha- rian di lingkungannya;

 

IV

 

 

 

 

 

•   Membiasakan pengama- lan nilai-nilai integritas dalam keseharian yang ia tiru;

 

 

 

 

 

 

•   Membiasakan pencega- han hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai integritas dalam keseharian yang ia tiru.

 

 

 

 

 

 


Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

 

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

Contoh Media/ Alat bantu Pembela- jaran

Menguatkan penyadaran tentang manfaat aturan bagi kehidupan, baik kehidupan diri pribadi maupun kehidupan sosial dan lingkungan.

•   Menyadari manfaat

nilai-nilai integritas (jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil) untuk diri pribadi dan sosial;

•   Menyebutkan contoh- contoh manfaat dari penerapan nilai-nilai integritas;

 

3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat

Bersikap toleran, jujur, tanggung jawab, cinta tanah air, kerjasama , dan menjunjung tinggi persat- uan dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

Nilai-Nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Pelaksanaan kewajiban, hak,

dan tanggung jawab, kebersamaan dalam keberagaman, dampak persatuan dan kesatuan

Sahabat Pemberani

Sahabat Pemberani (Disc 1 & 2)

The Movie “Si Kumbi Anak Jujur

 

•   Merespon praktek penerapan nilai-nilai integritas dalam keseha- rian di lingkungannya;

 

V

 

 

 

 

 

•   Membiasakan pengama- lan nilai-nilai integritas dalam keseharian yang ia tiru;

 

 

 

 

 

 

•   Membiasakan pencega- han hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai integritas dalam keseharian yang ia tiru.

 

 

 

 

 

 


Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

 

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

Contoh Media/ Alat bantu Pembela- jaran

Menguatkan penyadaran tentang manfaat aturan bagi kehidupan, baik kehidupan diri pribadi maupun kehidupan sosial dan lingkungan.

•   Menyadari manfaat

nilai-nilai integritas (jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil) untuk diri pribadi dan sosial;

•   Menyebutkan contoh- contoh manfaat dari penerapan nilai-nilai integritas;

 

3.2 Menganalisis pelaksanaan ke- wajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari- hari

Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air. Berlaku sopan, san- tun, toleran, saling meng- hargai perbedaan.

Pengertian moral Pancasila dan karakteris- tik moral sesuai sila- sila dalam pancasila. Contoh perilaku yang bermoral dan tidak bermoral. Contoh perilaku yang konsisten dengan aturan yang berlaku di rumah, sekolah dan lingkungan.

Si Kumbi “Egrang Pinjaman

 

•   Merespon praktek penerapan nilai-nilai integritas dalam keseha- rian di lingkungannya;

 

VI

 

 

 

 

 

•   Membiasakan pengama- lan nilai-nilai integritas dalam keseharian yang ia tiru;

 

 

 

 

 

 

•   Membiasakan pencega- han hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai integritas dalam keseharian yang ia tiru.

 

 

 

 

 

 


Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

 

KD yang relevan

 

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

 

Contoh Media/ Alat bantu Pembelajaran

Menguatkan pengamalan aturan secara konsisten di- manapun, ka- panpun, dalam situasi apapun serta berperan aktif dalam penerapan aturan dalam kehidupan sosial

•   Terbiasa secara konsisten mengamalkan nilai-nilai integritas kapanpun, dimanapun, dan dalam situasi apapun;

•   Terbiasa secara konsisten menghindari perilaku yang bertentangan den- gan nilai-nilai integritas;

•   Berperan aktif dalam mengajak teman dalam pengamalan nilai-nilai integritas di semua kegia- tan secara konsisten;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VII

3.2 Mema- tuhi norma- norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat

untuk mewujud- kan keadilan

Melaksanakan norma- norma yang berlaku dalam masyarakat sebagai bentuk Bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara indonesia seperti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar ne- gara (memelihara semangat persatuan dan keharmo- nisan dalam keberagaman/ Bhinneka Tunggal Ika)

Pengertian, nilai-nilai norma-norma yang berlaku bdalam masyarakat setempat serta strategi sosialisasi norma-norma dalam mewujudkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan setempat.

.

Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Sekolah; Film Sahabat Pembe- rani; Film ACFF- est; Boardgmaes PDKT.

 

•   Berperan aktif dalam mengajak teman dalam menghindari perilaku yang bertentangan den- gan nilai-nilai integritas di semua kegiatan secara konsisten;

 

 

 

 

 

 

•   Menghasilkan berbagai karya sebagai bukti pengamalan nilai-nilai integritas dalam berbagai kegiatan;

 

 

 

 

 

 


 

Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

 

KD yang relevan

 

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

 

Contoh Media/ Alat bantu Pembelajaran

Menguatkan pengamalan aturan secara konsisten di- manapun, ka- panpun, dalam situasi apapun serta berperan aktif dalam penerapan aturan dalam kehidupan sosial

•   Terbiasa secara konsisten mengamalkan nilai-nilai integritas kapanpun, dimanapun, dan dalam situasi apapun;

•   Terbiasa secara konsisten menghindari perilaku yang bertentangan den- gan nilai-nilai integritas;

•   Berperan aktif dalam mengajak teman dalam pengamalan nilai-nilai integritas di semua kegia- tan secara konsisten;

•   Berperan aktif dalam mengajak teman dalam menghindari perilaku yang bertentangan den- gan nilai-nilai integritas di semua kegiatan secara konsisten;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VIII

3.1 Menelaah Pancasila seba- gai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

Bersikap yang mencermin- kan nilai-nilai luhur Pan- casila antara lain: religius, disiplin, tanggung jawab, toleran, dan gotong royong sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

Makna Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara. Pentingnya hidup disiplin sebagai upaya mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Perilaku taat terhadap hukum (mematuhi rambu- rambu lalulintas, membayar pajak, tidak korupsi). Pentingnya sikap jujur dalam melaksanakan aturan-aturan yang berlaku. Contoh pelanggaran terhadap peraturan perundangan yang mengarah pada tindakan koruptif di Indonesia. Pentingnya hidup disiplin, adil, dan bertanggung jawab dalam mematuhi peraturan perundang

Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Sekolah; Film Sahabat Pembe- rani; Film ACFF- est, Boardgames PDKT

 

•   Menghasilkan berbagai karya sebagai bukti pengamalan nilai-nilai integritas dalam berbagai kegiatan;

 

 

 

 

 

 


Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

 

Contoh Media/Alat bantu Pembelajaran

Menguatkan pengamalan aturan secara konsisten dimanapun, kapan- pun, dalam situasi apapun serta ber- peran aktif dalam penerapan aturan dalam kehidupan sosial

•   Terbiasa secara konsisten mengamalkan nilai-nilai integritas kapanpun, dimanapun, dan dalam situasi apapun;

•   Terbiasa secara konsisten menghindari perilaku yang bertentangan dengan nilai- nilai integritas;

•   Berperan aktif dalam mengajak teman dalam pengamalan nilai-nilai in- tegritas di semua kegiatan secara konsisten;

•   Berperan aktif dalam mengajak teman dalam menghindari perilaku yang bertentangan dengan nilai- nilai integritas di semua kegiatan secara konsisten;

•   Menghasilkan berbagai karya sebagai bukti penga- malan nilai-nilai integritas dalam berbagai kegiatan;

IX

3.5 Menga- nalisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolon- gan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Memelihara sikap yang mencerminkan harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi

dan gender dalam bingkai Bhineka tunggal ika serta Peduli terhadap masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender di masyarakat dan cara pemecahannya dalam menjaga keutuhan hidup berbangsa dan bernegara dengan memelihara semangat Bhinneka Tunggal Ika.

prinsip-prinsip, strategi so- sialisasi dan contoh sikap harmoni dalam keberaga- man suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus

Di Sekolah; Film Sahabat Pemberani; Film ACFFest, Board- games PDKT

 

3.6 Mengkreasi- kan konsep cinta tanah air/ bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Repub- lik Indonesia

 

Mengutamakan sikap disiplin sebagai warga negara sejalan dengan konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

contoh perilaku yang menunjukkan rasa cinta tanah air/bela negara dan berbagai tantangan dalam masyarakat dan menjadi teladan bagi teman seja- wat dan lingkungan dalam perilaku cinta tanah air/ bela negara

Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus

Di Sekolah; Film Sahabat Pemberani; Film ACFFest, Board- games PDKT

 


 

Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai- Nilai Integritas

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

 

Contoh Media/Alat bantu Pembelajaran

Menguatkan pengamalan aturan secara konsisten di manapun, kapanpun, dalam situasi apapun, berperan aktif serta berkomit- men untuk menegakkan prinsip dalam menaati aturan di lingkungan yang lebih luas.

•   Berpegang teguh pada prinsip- prinsip (jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil)) dalam setiap aspek ke- hidupan

•   Berani mendeklarasikan diri sebagai orang orang yang ber- integritas dalam segala aspek kehidupan;

•   Berperan aktif dalam men- dorong orang lain untuk mengamalkan perilaku berin- tegritas secara konsisten;

•   Berperan aktif dalam tindakan pencegahan perilaku tidak berintegritas secara kreatif dan inovatif;

•   Terbiasa melakukan evaluasi diri dalam pengamalan perilaku berintegritas.

 

 

 

 

X

3.3 Menganalisis fungsi dan ke- wenangan lembaga- lembaga Negara menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Bersikap peduli terhadap lem- baga- lembaga di sekolah seba- gai cerminan dari lembaga-lemba- ga negara

Jenis- jenis lembaga, fungsi dan kewenangan lembaga- lembaga Negara menurut UUD 1945, fokus pada KPK. Fungsi dan kedudukan KPK.

Merancang berbagai aksi

nyata melalui lembaga-lembaga yang ada disekolah sebagai bentuk kepedulian terhadap keberadaan lembaga-lembaga tersebut

Buku Suara Dari Ke- las Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Sekolah; Film Sahabat Pemberani;

Film ACFFest, Board- games PDKT)

 

 

 

 

 

X

3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, poli- tik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal I

Responsif dan proaktif atas ancaman terha- dap negara dan upaya penyelesa- iannya dibidang Ideologi,

politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Berbagai bentuk ancaman terhadap negara, dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, misalnya berbagai modus tindak pidana korupsi,

upaya atau tindakan nyata dalam menghadapi berbagai ancaman negara di bidang ideologi.

Buku Suara Dari Ke- las Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Sekolah; Film Sahabat Pemberani;

Film ACFFest, Board- games PDKT)


Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

 

Contoh Media/Alat bantu Pembelajaran

Menguatkan pengamalan aturan secara konsisten di manapun, kapan- pun, dalam situasi apapun, berperan aktif serta berkomit- men untuk meneg- akkan prinsip dalam menaati aturan di lingkungan yang lebih luas.

•   Berpegang teguh pada prinsip- prinsip (jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil)) dalam setiap aspek kehidupan

•   Berani mendeklarasikan diri sebagai orang orang yang berintegritas dalam segala aspek kehidupan;

•   Berperan aktif dalam mendorong orang lain untuk mengamalkan perilaku berintegritas secara konsisten;

•   Berperan aktif dalam tindakan pencegahan perilaku tidak berin- tegritas secara kreatif dan inovatif;

•   Terbiasa melakukan evaluasi diri dalam pengamalan perilaku berintegritas.

 

 

 

 

 

XI

3.1 Menganali- sis pelang- garan hak asasi manusia dalam perspektif pan- casila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Peduli terhadap hak asasi manusia ber- dasarkan perspektif pancasila dalam ke- hidupan berbangsa dan bernegara; Santun dalam ber- demokrasi Pancasila sesuai Undang- Un- dang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Berbagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia, bentuk aktifitas atau aksi nyata sebagai bentuk kepedulian terhadap penegakkan hak asasi manusia sesuai perspektif Pancasila di lingkungan setempat

Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for In- tegrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Se- kolah; Film Sahabat Pemberani; Film ACFFest, Board- games PDKT)

 

 

 

 

 

XI

3.3 Mendesk- ripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Repub- lik Indonesia Tahun 1945

Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lemba- ga negara

Melaksanakan kebijakan didasari sikap menjunjung tinggi kebe- naran (jujur, berani) Melaksana- kan pengawasan kebijakan secara tidak tebang pilih (adil, berani). Melaksanakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah (keber- samaan). Menepati janji, tidak diskriminatif dalam memberikan layanan (adil). Peran Komisi Pemberanta-san Korupsi (KPK) dalam perlindungan dan pen- egakan hukum berkaitan dengan perilaku korupsi.

Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for In- tegrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Se- kolah; Film Sahabat Pemberani; Film ACFFest, Board- games PDKT)

 


Peta Insersi Pendidikan Antikorupsi melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas I s.d XII (Beradasrkan KI-KD Kurikulum 2013)

 

Tahapan Proses Pembelajaran sesuai Tingkat Perkembangan

 

Indikator Hasil Belajar

 

Ting- katan Kelas

 

KD yang relevan

 

Muatan Nilai-Nilai Integritas

 

Contoh Insersi PAK dalam Materi Pelajaran

 

Contoh Media/Alat bantu Pembelajaran

Menguatkan pengamalan aturan secara konsisten di manapun, kapanpun, dalam situasi apapun, berperan aktif serta berkomit- men untuk menegakkan prinsip dalam menaati aturan di lingkungan yang lebih luas.

•   Berpegang teguh pada prinsip-prinsip (jujur, peduli,mandiri, disiplin, bertanggungjawan, kerja keras, sederhana, berani, adil)) dalam setiap aspek kehidupan

•   Berani mendeklarasikan diri sebagai orang orang yang berintegritas dalam segala aspek kehidupan;

•   Berperan aktif dalam men- dorong orang lain untuk mengamalkan perilaku ber- integritas secara konsisten;

•   Berperan aktif dalam tinda- kan pencegahan perilaku tidak berintegritas secara kreatif dan inovatif;

•   Terbiasa melakukan evalu- asi diri dalam pengamalan perilaku berintegritas.

 

 

 

 

 

 

 

XII

3.1 Mengana- lisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus- kasus pelang- garan hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidu- pan berbangsa dan bernegara

Responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan peng- ingkaran kewajiban warga ne- gara dalam kehidupan ber-

bangsa dan

bernegara

Contoh kasus pelanggaraan hak warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkaitan dengan perilaku korupsi.

Contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkaitan dengan perilaku korupsi. Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dikaitkan dengan nilai-nilai Pancasila. Kasus-kasus perilaku korupsi sebagai pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warganegara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dikaitkan dengan nilai- nilai Pancasila. Menyajikan hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak danpenging- karan kewajiban warga negara dalam kehidu- pan berbangsa dan bernegara.

Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Sekolah; Film Sahabat Pemberani; Film ACFFest, Board- games PDKT)

 

 

 

 

XII

3.2 Mengevalu- asi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

Berperilaku jujur dalam praktik per- lindungan dan penega- kan hukum di tengah masyarakat

Berbagai bentuk perlindungan dan penegak- kan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian, tantangan yang dihadapi dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

Buku Suara Dari Kelas Kecil; Buku Orang Juice for Integrity; Buku Pahami Dulu Baru Lawan; Komik Pemburu Koruptor; Komik Kisah Kasus Di Sekolah; Film Sahabat Pemberani; Film ACFFest, Board- games PDKT)

 


Format administrasi pembelajaran pada prinsipnya disesuaikan den- gan kebutuhan masing-masing sekolah dan guru. Akan tetapi untuk membantu dan memudahkan guru merancang pembelajaran, berikut contoh format administrasi pembelajaran. Guru dapat mengembangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya masing-masing. Dimungkinkan guru dapat membuat format yang berbeda.


Contoh Format RPP

Mata Pelajaran           : PPKN

Kelas /Semester         : ……

Pertemuan ke             : ……

Waktu Pembelajaran    :.............. JP

 

KD-KI-1 : ………………………………………………

KD-KI-2 : ………………………………………………

KD-KI-3 : ………………………………………………

KD-KI-4:  ………………………………………………

 

A. Indikator Ketercapaian Kompetensi :

  1. ………………………………………………
  2. ………………………………………………
  3. ………………………………………………
  4. ………………………………………………
  5. Dst.

 

B. Kegiatan Pembelajaran

    I Pendahuluan

    II Inti

  1. ………………………………………………
  2. ………………………………………………
  3. ………………………………………………
  4. ………………………………………………
  5. Dst.

 

 

    III Penutup

 

C. Penilaian :

 

Jakarta, ……………..

Menyetujui Dilaksanakan                                                              Guru PPKN

 

 

Nama Kepala Sekolah                                                                   Nama Guru


Contoh Format Rekap Penilaian

 

 

 

No

 

 

Nama Siswa

Skor dan Bobot

 

 

 

 

Total

 

 

Deskripsi

KD1

KD2

KD 3

Dst

1

2

3

1

2

3

1

2

3

1

2

3

1

A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

E

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

F

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Penentuan skor berdasarkan pembobotan tiap indikator (Lihat Bagian Penilaian). Pembobotan tiap indikator diserahkan kepada masing-masing guru sesuai dengan tingkat kepentingannya. Deskripsi disusun berdasarkan pencapaian kompetensi.

 

Untuk membantu proses pembelajaran dalam Insersi Pendidikan An- tikorupsi, dapat digunakan bahan ajar terbitan KPK yang telah ada. Bahan ajar ini terdapat dalam bentuk buku, video, atau alat permainan. Penggunaan bahan ajar ini dapat disesuaikan dengan tingkatan dalam proses pendidikan. Untuk memudahkan berikut bahan ajar KPK sesuai dengan tingkatan kelas.

Alternatif Bahan Ajar untuk SD/MI Kelas Bawah

 

NO

NAMA BUKU/MEDIA

PENULIS/PENYUSUN

BENTUK

1

Bintang untuk Dafi

Sin Hadiyah

Buku

2

Berani Jujur, Yuk !

Merita

Buku

3

Celengan Ayam

Intan Hestika Dhesi A.

Buku

4

Dakon

Ani Muharom Prihandini

Buku

5

Mukena Mita

Yayuk Rahayu

Buku

6

Si Kumbi "Angin di Perut Osyi"

Eva Y. Nukman

Buku

7

Si Kumbi "Ayo terbang Momoa Kecil"

Sofie Dewayani

Buku

8

Si Kumbi "Burung Namdur Harus Jujur"

Evi Z. Indriani

Buku

9

Si Kumbi "Egrang Pinjaman"

Yuniar Khairani

Buku

10

Si Kumbi "Mari Bermain Bersama Kumbi"

Eva Y. Nukman

Bk. Aktivitas

11

Si Kumbi "Modo Tak Mau Menari"

Sofie Dewayani

Buku

12

Si Kumbi "Piknik di Kumbinesia"

Eva Y. Nukman

Buku

13

Si Kumbi "Suatu Hari di Museum Seni"

EorG

Buku

14

Si Kumbi "Teman untuk Teten"

EorG

Buku

15

Ungu Di mana Kamu ?

Forum Penulis Bacaan Anak

Buku

16

Ini ? Itu ? (kumpulan kisah interaktif)

Forum Penulis Bacaan Anak

Buku

17

Sahabat Pemberani

Komisi Pemberantasan Korupsi

Bk. Aktivitas

18

Aku Cinta Indonesia

 

CD

19

Sahabat Pemberani

 

CD

20

The Movie "Si Kumbi Anak Jujur"

 

CD

21

Si Kumbi Anak Jujur (Session 2 &3)

 

CD

22

99 Model Pembelajaran Antikorupsi

Tim Media Inovasi Global

Buku

23

Cerita dari Peternakan Kakek Tulus

Komisi Pemberantasan Korupsi

Buku Dongeng

24

Kartu Kwartet Sahabat Pemberani

Komisi Pemberantasan Korupsi

Kartu

25

Keranjang Bolong:Petualangan Si Kumbi di Negara "Kumbi'-nesia

Komisi Pemberantasan Korupsi

Papan Per- mainan

26

Modul Pendidikan AntikorupsiTingkat SD/MI

Desiree

Buku Modul


 

Alternatif Bahan Ajar untuk SD/MI Kelas Atas

NO

NAMA BUKU/MEDIA

PENULIS/PENYUNSUN

BENTUK

1

Byur (kisah-kisah fabel)

Forum Penulis Bacaan Anak

Buku

2

Ya Ampun (himpunan beberapa dongeng)

Forum Penulis Bacaan Anak

Buku

3

Hujan Warna Warni (kisah-kisah fantasi)

Forum Penulis Bacaan Anak

Buku

4

Wuuush (kumpulan kisah bergenre fiksi realistik kontemporer)

Forum Penulis Bacaan Anak

Buku

5

Aku Cinta Indonesia

 

CD

6

Sahabat Pemberani

 

CD

7

Sahabat Pemberani (Disc 1 & 2)

 

CD

8

The Movie "Si Kumbi Anak Jujur"

 

CD

9

Si Kumbi Anak Jujur (Session 2 &3)

 

CD

10

99 Model Pembelajaran Antikorupsi

Tim Media Inovasi Global

Buku

11

Cerita dari Peternakan Kakek Tulus

Komisi Pemberantasan Korupsi

Buku Dongeng

12

TerajanaPetualangan Memecahkan Sandi Kuno

Komisi Pemberantasan Korupsi

Papan Permainan

13

Kartu Kwartet Sahabat Pemberani

Komisi Pemberantasan Korupsi

Kartu

14

PDKT Pilih Diri, Komitmen & Tanggung Jawab Kita

Komisi Pemberantasan Korupsi

Kartu

15

Modul Pendidikan Antikorupsi Tingkat SD/MI

Desiree

Buku Modul

 


Alternatif Bahan Ajar untuk SMP/MTs

 

 

NO

NAMA BUKU/MEDIA

PENULIS/PENYUNSUN

BENTUK

1

Pemburu Koruptor (Pajak bukan Palak)

Sonny Wibisono

Komik

2

99 Model Pembelajaran Antikorupsi

Tim Media Inovasi Global

Buku

3

Cerita dari Peternakan Kakek Tulus

Komisi Pemberantasan Korupsi

Buku Dongeng

4

TerajanaPetualangan Memecahkan Sandi Kuno

Komisi Pemberantasan Korupsi

Papan Permainan

5

Kartu Kwartet Sahabat Pemberani

Komisi Pemberantasan Korupsi

Kartu

6

PDKT Pilih Diri, Komitmen & Tanggung Jawab Kita

Komisi Pemberantasan Korupsi

Kartu

7

Modul Pendidikan Antikorupsi Tingkat SMP/MTs.

Syamsul Bahri

Buku Modul

 


 

 

Alternatif Bahan Ajar untuk SMA/SMK

  

No

NAMA BUKU/MEDIA

PENULIS/PENYUNSUN

BENTUK

1

Pahami Dulu, Baru Lawan

Sonny Wibisono & Dhian Prasetya

Komik

2

Kisah Kasus Di Sekolah

Sonny Wibisono & Dhian Prasetya

Komik

3

99 Model Pembelajaran Antikorupsi

Tim Media Inovasi Global

Buku

 

4

Memahami untuk Membasmi Buku saku untuk memahami tindak korupsi

 

Komisi Pemberantasan Korupsi

 

Buku

5

Pahami Dulu Baru Lawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Buku

6

Cerita dari Peternakan Kakek Tulus

Komisi Pemberantasan Korupsi

Buku Dongeng

7

Terajana

Komisi Pemberantasan Korupsi

Papan Permainan

 

9

PDKT Pilih Diri, Komitmen & Tang- gung Jawab Kita

 

Komisi Pemberantasan Korupsi

 

Kartu

 

10

Kumpulan Cerpen, Esai, Naskah Drama, Puisi,dan Komik Strip Antikorupsi

 

Peserta Teacher Superchamp 2015

 

Buku

 

11

Modul Pendidikan Antikorupsi Ting- kat SLTA/MA

 

Rustika Tamrin

 

Buku Modul

 

DOWNLOAD FILE KURIKULUM ANTI KORUPSI 2021

 

 

Semoga bermanfaat, amin...

 

Bagikan :
Komentar

terimakasih sdh berbagi

Sama-sama, semoga dapat bermanfaat...

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Apa Itu Platform Merdeka Mengajar (PMM), Pada Kurikulum Merdeka?

Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa 70% siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memahami bacaan sederhana atau menerapk

16/01/2024 23:22 - Author SMP Hidayatut Thullab - 282
Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023/2024 Jenjang SD, SMP, SMA, SMK

SMPHT.ID - Kalender Pendidikan merupakan suatu aturan yang mengatur waktu dalam kegiatan pembelajaran di sekolah selama satu tahun ajaran. Kalender ini mencakup berbagai informasi

04/01/2024 23:34 - Author SMP Hidayatut Thullab - 411
Rilis Aplikasi E-Rapor Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Untuk Jenjang SMP Tahun 2023

Halo, Sobat SMP! Sejalan dengan diluncurkannya dengan Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidik

30/11/2023 15:16 - Author SMP Hidayatut Thullab - 336
Download RPP Kurikulum Merdeka SD dan SMP T.P 2023/2024

Memasuki tahun ajaran baru 2023/2024, para guru harus menyusun RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran setiap materi yang akan diajarkan dalam semester akan datang. Dalam Kurikulum M

16/07/2023 09:24 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3423
JADWAL PAT 2023 SMP HIDAYATUT THULLAB

JADWAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TAHUN PELAJARAN 2022/2023  No. Hari/Tanggal Jam Ke Waktu Mata Pelajaran Pengawas 1 Senin, 1 07.30 – 09.30  B

03/06/2023 21:01 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1185
Bagaimana Kunci Sukses Penerapan P5 Kurikulum Merdeka? Berikut ini Penjelasannya

P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila. P5 dirancang untuk mengembangkan kepribadian dan karakter para pemuda Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila

13/03/2023 19:54 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1356
Demonstrative Determiner (This, That, These, dan Those) | Bahasa Inggris Kelas 7

Demonstrative determiner (this, that, these, dan those) digunakan untuk menyebutkan suatu benda dan mengenal vocabularies benda-benda yang ada di lingkungan sekitar. Seperti apa perbeda

03/01/2023 15:56 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1215
Kalender Pendidikan Semester Genap TP 2022/2023

Semangat menyambut Semester Genap, berikut ini Kelender Pendidikan Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023 terbaru dan terupdate. Kapan sih tanggal merah? Atau penasaran kira-kira ber

03/01/2023 13:32 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1491
Aplikasi e-Rapor SMP Kurikulum 2013 V.2022.1

Aplikasi e-Rapor SMP 2013 V.2022.1 e-Rapor SMP 2013 v.2022.1 adalah aplikasi atau perangkat lunak berbasis web yang berfungsi untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (R

11/12/2022 01:50 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1766
Pidato Mendikbudristek Pada Peringatan Hari Guru Nasional 2022

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan, Rahayu. Ibu dan Bapak guru sebangsa dan setanah air, Ti

25/11/2022 10:39 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1219
Kata-kata untuk Hari Guru yang Baik dan Menyentuh Hati

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, guru juga merupakan lentera bagi kehidupan. Guru berperan penting dalam mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa. Inilah mengapa Hari Guru Nasi

23/11/2022 23:39 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1309
Logo dan Puisi Hari Guru Nasional Tahun 2022

Hari Guru Nasional dirayakan setiap tanggal 25 November. Peringatan ini menjadi momentum untuk mengenang jasa-jasa guru yang telah mendidik dan membimbing kita sebagai muridnya. Jasa gu

22/11/2022 02:43 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1404
Pendidikan Ramah dan Berkarakter Bangun Indonesia Emas 2045

Dunia pendidikan masih diselimuti berbagai permasalahan, seperti intoleransi, terkikisnya rasa nasionalisme, hingga kekerasan yang terjadi di lembaga pendidikan. Dinamika yang terjadi s

13/11/2022 19:27 - Author SMP Hidayatut Thullab - 840
Logo dan Tema Hari Pahlawan Tahun 2022

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2022, Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) telah merilis panduan Hari Pahlawan 2022, termasuk

06/11/2022 23:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1430
Mengenang Ali Haji bin Raja Haji Ahmad yang Jadi Ikon Google Doodle hari ini

Raja Haji Ahmad yang Jadi Ikon Google Doodle hari ini adalah Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad (Jawi: راج علي حاج بن راج حاج احمد) atau juga dikenal dengan nama pen

05/11/2022 19:56 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1303
Seleksi PPPK Tenaga Guru Dibuka, Daftar Melalui Portal sscasn.bkn.go.id

Merujuk Surat Plt. Kepala BKN Nomor: 35846/B-KS.04.01/SD/K/2022 tanggal 30 Oktober 2022 perihal penyampaian jadwal pelaksanaan seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Ke

04/11/2022 19:33 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1480
Pembuatan Akun di Sscasn.bkn.go.id untuk PPPK Guru Tahun 2022

SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik Pusat ma

04/11/2022 19:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1043
Perangkat Pembelajaran INFORMATIKA (TIK) Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran INFORMATIKA (TIK) Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk digunakan dalam pembelajaran di tahun pelaj

11/09/2022 06:59 - Author SMP Hidayatut Thullab - 13697
Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk digunakan dalam pembelajaran di tahun pelajaran 2022

11/09/2022 06:51 - Author SMP Hidayatut Thullab - 8925
Perangkat Pembelajaran SENI BUDAYA Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran SENI BUDAYA Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk digunakan dalam pembelajaran di tahun pelajaran 2

11/09/2022 06:44 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7037
Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran PJOK atau Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan  Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk di

11/09/2022 06:29 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3665
Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk digunakan dalam pembelajaran

11/09/2022 06:18 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5756
Perangkat Pembelajaran IPA Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk digunakan dalam pembelajaran d

10/09/2022 23:14 - Author SMP Hidayatut Thullab - 12262
Perangkat Pembelajaran MATEMATIKA Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran MTK atau MATEMATIKA Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk digunakan dalam pembelajaran di tahun pel

10/09/2022 23:11 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4252
Perangkat Pembelajaran BAHASA INGGRIS Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran B. INGGRIS atau BAHASA INGGRIS Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk digunakan dalam pembelajaran d

10/09/2022 13:19 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6024
Perangkat Pembelajaran BAHASA INDONESIA Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran B. Indonesia atau Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk digunakan dalam pembelajar

10/09/2022 13:14 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7939
Perangkat Pembelajaran PPKN Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran PPKN atau PKN atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk d

09/09/2022 02:19 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2139
Perangkat Pembelajaran PAI dan BP Kelas 7 Revisi Tahun 2022-2023 Lengkap

Perangkat Pembelajaran PAI dan BP atau Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan Semester 2 Lengkap - Adalah administrasi guru untuk digun

09/09/2022 02:09 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3240
RPP 1 Lembar FIQIH Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar FIQIH Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 T

04/09/2022 16:33 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4076
RPP 1 Lembar BAHASA ARAB Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar BAHASA ARAB Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum

04/09/2022 15:56 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4681
RPP 1 Lembar ASWAJA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar ASWAJA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013

02/09/2022 14:27 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3848
RPP 1 Lembar TIK Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar TIK Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Tah

01/09/2022 23:17 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9705
RPP 1 Lembar PRAKARYA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar PRAKARYA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 201

01/09/2022 13:35 - Author Topani Sahara - 8615
RPP 1 Lembar SENI BUDAYA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar SENI BUDAYA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum

01/09/2022 04:12 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2001
RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Ta

31/08/2022 19:41 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3282
RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Tah

29/08/2022 22:48 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2286
RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Tah

28/08/2022 20:37 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3831
RPP 1 Lembar MATEMATIKA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar MATEMATIKA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2

28/08/2022 19:21 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2129
RPP 1 Lembar BAHASA INGGRIS Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar BAHASA INGGRIS Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikul

28/08/2022 15:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3241
RPP 1 Lembar BAHASA INDONESIA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar BAHASA INDONESIA Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurik

28/08/2022 13:43 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3230
RPP 1 Lembar PPKN Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar PPKN Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Ta

28/08/2022 10:45 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2544
RPP 1 Lembar PAI Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar PAI-BP Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013

28/08/2022 01:43 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3378
RPP 1 Lembar BAHASA ARAB Kelas 7 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar BAHASA ARAB Kelas 7 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VII Kurikulum

27/08/2022 00:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2258
RPP 1 Lembar FIQIH Kelas 7 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar FIQIH Kelas 7 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013

26/08/2022 22:10 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2473
RPP 1 Lembar FIQIH Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar FIQIH Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013

26/08/2022 21:55 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1937
RPP 1 Lembar BAHASA ARAB Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar BAHASA ARAB Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Kurikulu

26/08/2022 21:14 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2611
RPP 1 Lembar ASWAJA Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar ASWAJA (Ke NU an) Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Ku

25/08/2022 21:26 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2981
RPP 1 Lembar TIK Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar TIK Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013 T

25/08/2022 12:43 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4500
Program Roots Anti Perundungan bagi Ekosistem Pendidikan

Apa itu program Roots? Di tahun 2021, Kemendikbudristek bekerjasama dengan UNICEF Indonesia dan mitra melaksanakan program pencegahan perundungan dan kekerasan berbasis sekolah &l

24/08/2022 23:29 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2942
RPP 1 Lembar PRAKARYA Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar PRAKARYA Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2

23/08/2022 22:54 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4089
RPP 1 Lembar SENI BUDAYA Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar SENI BUDAYA Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Kurikulu

23/08/2022 22:18 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2035
RPP 1 Lembar PJOK Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar PJOK Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013

23/08/2022 20:43 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2387
RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013 T

18/08/2022 16:30 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2489
RPP 1 Lembar IPA Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

Lengkap RPP 1 Lembar IPA Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013 T

18/08/2022 16:30 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2731
RPP 1 Lembar MATEMATIKA Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar MATEMATIKA Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Lengkap Tahun Pelajaran 2022-2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak

18/08/2022 16:30 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2070
RPP 1 Lembar BAHASA INGRIS Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar BAHASA INGGRIS Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Lengkap Tahun Pelajaran 2022-2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling ba

18/08/2022 16:30 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2747
RPP 1 Lembar BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Lengkap Tahun Pelajaran 2022-2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling

18/08/2022 16:29 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2177
RPP 1 Lembar PPKN Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar PPKN Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Lengkap Tahun Pelajaran 2022-2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di ca

18/08/2022 16:29 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4039
RPP 1 Lembar PAI Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023 Lengkap

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar PAI Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Lengkap Tahun Pelajaran 2022-2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di car

18/08/2022 16:29 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3129
Logo dan Tema Peringatan HUT RI Ke-77 Tahun 2022

Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022   Dalam rangka Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 tanggal 17 Agustus 2022, bersama i

14/08/2022 22:49 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4178
Perangkat Pembelajaran ASWAJA Kelas 8 SMP/MTs K13 Tahun 2022-2023

Download Perangkat Pembelajaran Aswaja Kelas 8 SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2022/2023 Perangkat pembelajaran Aswaja Kelas 8 SMP/MTs K13 merupakan komponen alat yang harus dimiliki ole

09/08/2022 12:21 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4197
Perangkat Pembelajaran ASWAJA Kelas 9 SMP/MTs K13 Tahun 2022-2023

Download Perangkat Pembelajaran Aswaja Kelas 9 SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2022/2023 Perangkat pembelajaran Aswaja Kelas 9 SMP/MTs K13 merupakan komponen alat yang harus dimiliki ole

09/08/2022 12:20 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2790
Perangkat Pembelajaran ASWAJA Kelas 7 SMP/MTs K13 Tahun 2022-2023

Download Perangkat Pembelajaran Aswaja Kelas 7 SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2022/2023 Perangkat pembelajaran Aswaja Kelas 7 SMP/MTs K13 merupakan komponen alat yang harus dimiliki ole

09/08/2022 03:01 - Author SMP Hidayatut Thullab - 10765
Download Buku ASWAJA Ke-NU-an K-13 Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA

Download Buku ASWAJA Ke-NU-an K-13 Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA,  Ø§Ù„سلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل

09/08/2022 01:09 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1851
RPP ASWAJA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023

Lengkap RPP 1 Lembar ASWAJA (Ke NU an) Kelas 7 SMP Semester 1 dan 2 Tahun 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VIII Ku

08/08/2022 23:49 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7867
RPP 1 Lembar Prakarya SMP Kelas 7 Tahun 2022/2023 Lengkap

RPP 1 Lembar PRAKARYA Kelas 7 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2022-2023. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap

08/08/2022 08:55 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3285
RPP 1 Lembar TIK Kelas 7 Semester 1 & 2 Tahun 2022/2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar TIK Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan 2 edisi terbaru Tahun Pelajaran 2022/2023.RPP TIK Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 Lembar Kelas 7 Tahun 2022-

07/08/2022 00:09 - Author SMP Hidayatut Thullab - 15215
Perangkat Pembelajaran PPKN Kelas IX K13 2022/2023 Revisi (Terbaru)

SMPHT.ID - Berikut ini kami akan membagikan Administrasi Guru berupa Perangkat PPKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi tahun pelajaran 2022/2023 Terbaru Gratis.  Pe

04/08/2022 13:43 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9157
Perangkat Pembelajaran PPKN SMP Kelas 8 Tahun 2022/2023 (Lengkap)

Perangkat PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi tahun pelajaran 2022/2023 Lengkap - DIbagikan khusus kepada bapak/ibu guru tenaga kependidikan pengguna kurtilas dalam rangka menyamb

03/08/2022 03:05 - Author SMP Hidayatut Thullab - 15426
Perangkat Pembelajaran PPKN Kelas VII K13 2022/2023 Revisi (Terbaru)

            SMPHT.ID - Berikut ini kami akan membagikan Administrasi Guru berupa Perangkat PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi tahun pelajar

01/08/2022 21:26 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9148
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Rekening Bantuan Operasional Sekolah (SIRBOS)

Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen petunjuk penggunaan aplikasi (user manual) ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan panduan bagi user dalam menjalankan Sistem Informas

31/07/2022 01:27 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1500
RPP 1 Lembar SENI BUDAYA SMP Kelas 7 Edisi Revisi 2022/2023 Terbaru

Download Lengkap RPP 1 Lembar Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 /2023 Terbaru   Berikut Kami Share RPP 1 Lembar Seni Budaya Khusus SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 R

26/07/2022 20:30 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4239
RPP 1 Lembar PJOK SMP Kelas 7 Edisi Revisi 2022/2023 Terbaru

Download Lengkap RPP 1 Lembar PJOK SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 /2023 Terbaru Berikut Kami Share RPP 1 Lembar PJOK Khusus SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 Revisi 2022. Disusun se

24/07/2022 00:29 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9214
Kalender Pendidikan DKI Jakarta 2022-2023

Kalender Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2022/2023 ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Khusus Ibukota DKI Jakarta Nomor e-002

23/07/2022 22:38 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1489
Kalender Pendidikan Gorontalo 2022-2023

Kalender Pendidikan Kaldik Provinsi Gorontalo TP 2022/2023. Dinas Pendidikan,, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Provinisi Gorontalo telah menerbitkan Kalender Pendidikan Kaldik

23/07/2022 17:57 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1562
Kalender Pendidikan 2022-2023 Bengkulu

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 Provinsi Bengkulu diterbitkan berdasarkan Peraturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Tentang Pedoman Peny

23/07/2022 15:30 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1451
Kalender Pendidikan 2022-2023 Bangka Belitung

Kalender Pendidikan Kota Pangkalpinang - Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file Kalender Pendidikan Kota Pangkalpinang Tahun Ajaran 2022/2023. Baca Juga : Tentang

23/07/2022 15:00 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4325
Kalender Pendidikan 2022/2023 Kota Ambon Provinsi Maluku (PDF)

Kalender Pendidikan Kota Ambon - Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file Kalender Pendidikan Kota Ambon Tahun Ajaran 2022/2023. Baca Juga : Tentang Kurikulum Merde

23/07/2022 11:43 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3570
Kalender Pendidikan Banten 2022/2023 (PDF)

Kalender Pendidikan Banten - Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file Kalender Pendidikan Banten Tahun Ajaran 2022/2023. Kalender pendidikan adalah bentuk pengaturan w

23/07/2022 11:01 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1747
RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas 7 Edisi Revisi 2022/2023 Terbaru

Download Lengkap RPP 1 Lembar IPS SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 /2023 Terbaru Berikut Kami Share RPP 1 Lembar IPS Khusus SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 Revisi 2022. Disusun

22/07/2022 20:21 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5423
Kalender Pendidikan 2022/2023 Provinsi Bali

  Kalender pendidikan adalah bentuk pengaturan waktu yang disusun untuk kegiatan siswa dalam satu tahun ajaran yang didalamnya terdiri dari permulaan tahun pelajaran, minggu efe

20/07/2022 20:05 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1762
Kalender Pendidikan Provinsi Aceh Tahun Ajaran 2022-2023

  Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2022-2023 - Kalender Pendidikan Provinsi Aceh Tahun Ajaran 2022-2023.       KEPUTUSAN BERSAMA KEPALA DINAS P

20/07/2022 17:53 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1776
Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2022/2023 SD, SMP dan SMA

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2022/2023 SD, SMP dan SMA – Kalender Pendidikan yang ada di Indonesia, baik di tingkat SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama) sedera

20/07/2022 16:19 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2203
RPP 1 Lembar IPS Kelas 7 Semester 1 & 2 Tahun 2022/2023

RPP 1 Lembar IPS Kelas 7 SMP/MTs Tahun Ajaran 2022/2023 Link Download RPP 1 Lembar IPS Kelas 7 SMP/MTs Tahun Ajaran 2022-2023 Semester 1 dan Semester 2. Kumpulan RPP 1

20/07/2022 13:22 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1751
Download Modul Ajar SMK (RPP) Kurikulum Merdeka

  Download Modul Ajar atau RPP Kurikulum Merdeka Jenjang SMK.   SMPHT.ID - Modul ajar Kurikulum Merdeka pada dasarnya adalah perencanaan pembelajaran secara lengkap di

19/07/2022 12:40 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2809
Download Modul Ajar SMA (RPP) Kurikulum Merdeka

Download Modul Ajar SMA Kurikulum Merdeka, Salah satu perangkat ajar pada kurikulum merdeka adalah modul ajar. Modul ajar adalah dokumen yang terdiri dari tujuan, langkah, dan  m

19/07/2022 03:51 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2075
Modul Ajar RPP SD Kurikulum Merdeka

  Download Modul Ajar RPP SD Kurikulum Merdeka. Salah satu perangkat ajar pada kurikulum merdeka adalah modul ajar. Modul ajar adalah dokumen yang terdiri dari tujuan, langkah, da

18/07/2022 13:42 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2077
Modul Ajar RPP PAUD Kurikulum Merdeka

  Download Modul Ajar RPP PAUD Kurikulum Merdeka merupakan salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai

17/07/2022 22:56 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2173
Download Modul Ajar SMP (RPP) Kurikulum Merdeka

  Download Modul Ajar SMP (RPP) Kurikulum Merdeka, Salah satu perangkat ajar pada kurikulum merdeka adalah modul ajar. Modul ajar adalah dokumen yang terdiri dari Tujuan, Langkah,

15/07/2022 22:20 - Author SMP Hidayatut Thullab - 21163
Tentang Kurikulum Merdeka

    Latar Belakang Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa 70% siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memah

15/07/2022 21:08 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1932
Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Teman penggerak bagi guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya lebih baik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan kebijakan Merde

15/07/2022 20:37 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2034
KURIKULUM MERDEKA - MERDEKA BELAJAR

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep da

14/07/2022 23:18 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2549
RPP 1 Lembar IPA Kelas 7 Semester 1 & 2 Tahun 2022/2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan 2 edisi terbaru tahun 2022/2023. Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di cari oleh guru

11/07/2022 23:06 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5342
Rincian Minggu Efektif SMP Tahun 2022/2023

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai Pengisian Perangkat ajar seperti Prota, Promes dan administrasi lainya, tentunya kita harus mengetahui tentang Rincian Minggu Efektif / Rinc

11/07/2022 22:19 - Author SMP Hidayatut Thullab - 28877
Struktur Kurikulum Merdeka dan Jumlah Jam Pelajaran PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK

Pemerintah telah secara resmi mengeluarkan peraturan mengenai implementasi Kurikulum Merdeka melalui Kepmendikbud Nomor 56 Tahun 2022. Keputusan Menteri Pendidikan ini berkaitan te

11/07/2022 21:25 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3383
RPP 1 Lembar MATEMATIKA Kelas 7 Semester 1 & 2 Tahun 2022/2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar MATEMATIKA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan 2 edisi terbaru tahun 2022/2023. Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di cari ol

11/07/2022 19:39 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3119
RPP 1 Lembar BAHASA INGGRIS Kelas 7 Semester 1 & 2 Tahun 2022/2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar BAHASA INGGRIS Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan 2 edisi terbaru tahun 2022/2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di cari

18/06/2022 15:36 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3847
RPP 1 Lembar BAHASA INDONESIA Kelas 7 Semester 1 & 2 Tahun 2022/2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar BAHASA INDONESIA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan 2 edisi terbaru tahun 2022/2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di car

18/06/2022 14:19 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4292
RPP 1 Lembar PPKN Kelas 7 Semester 1 & 2 Tahun 2022/2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar PPKN Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan 2 edisi terbaru tahun 2022/2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di cari oleh guru-

18/06/2022 13:08 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6525
RPP 1 Lembar PAI Kelas 7 Semester 1 & 2 Tahun 2022/2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar PAI Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan 2 edisi terbaru tahun 2022/2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di cari oleh guru-g

18/06/2022 03:21 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4305
RPP 1 Lembar Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 & 2 Lengkap Tahun 2022-2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Lengkap Tahun Pelajaran 2022-2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di cari ol

18/06/2022 03:08 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6511
RPP 1 Lembar Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 & 2 Lengkap Tahun 2022-2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Lengkap Tahun Pelajaran 2022-2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di cari ol

18/06/2022 03:02 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7670
RPP 1 Lembar Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 & 2 Lengkap Tahun 2022-2023

SMPHT.ID – RPP 1 Lembar Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Lengkap Tahun Pelajaran 2022-2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang paling banyak di cari ol

18/06/2022 03:01 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2955
RPP 1 Lembar SMP/MTs Lengkap Kelas 7, 8, 9 Semester 1 & 2 Tahun 2022/2023

SMPHT.ID – RPP 1 lembar kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs lengkap semua mata pelajaran semester 1 dan 2 edisi terbaru tahun 2022/2023.Seperti yang kita ketahui saat ini jenis RPP yang

17/06/2022 11:32 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6094
Download Soal PAT PRAKARYA Kelas 7 SMP/ MTs Tahun Pelajaran 2021/ 2022

Halo sahabat smpht.id, selamat datang lagi di website SMP Hidayatut Thullab. Hari ini kita akan belajar untuk menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) Prakarya untuk Kelas 7 SMP/ MTs. Lat

12/06/2022 02:35 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1509
Download Soal PAT PRAKARYA Kelas 8 SMP/ MTs Tahun Pelajaran 2021/ 2022

Halo sahabat smpht.id, selamat datang lagi di website SMP Hidayatut Thullab. Hari ini kita akan belajar untuk menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) Prakarya untuk Kelas 8 SMP/ MTs. Lat

12/06/2022 01:55 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1811
Download Soal PAT TIK Kelas 7 SMP/ MTs Tahun Pelajaran 2021/ 2022

Halo sahabat smpht.id, selamat datang lagi di website SMP Hidayatut Thullab. Hari ini kita akan belajar untuk menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) Teknologi Informasi dan Komunikasi

12/06/2022 00:25 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1816
Download Soal PAT TIK Kelas 8 SMP/ MTs Tahun Pelajaran 2021/ 2022

Halo sahabat smpht.id, selamat datang lagi di website SMP Hidayatut Thullab. Hari ini kita akan belajar untuk menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (

11/06/2022 22:33 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1690
RPP 1 Lembar TIK Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar TIK Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 H

09/03/2022 01:00 - Author SMP Hidayatut Thullab - 10034
RPP 1 Lembar PRAKARYA Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar PRAKARYA Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RP

09/03/2022 00:08 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3380
RPP 1 Lembar SENI BUDAYA Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap

08/03/2022 22:28 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2657
RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1

08/03/2022 22:11 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4947
RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 H

08/03/2022 22:02 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3880
RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 H

08/03/2022 21:51 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4134
RPP 1 Lembar MATEMATIKA Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap

07/03/2022 23:22 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2943
RPP 1 Lembar BAHASA INGGRIS Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Leng

07/03/2022 19:58 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3248
RPP 1 Lembar BAHASA INDONESIA Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Le

07/03/2022 19:34 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2761
RPP 1 Lembar PKN Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar PKN Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 H

07/03/2022 08:44 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2526
RPP 1 Lembar PAI Kelas 9 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar PAI Kelas 9 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 H

07/03/2022 07:33 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2207
RPP 1 Lembar TIK Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar TIK Kelas 8 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 H

04/03/2022 21:19 - Author SMP Hidayatut Thullab - 10922
RPP 1 Lembar PRAKARYA Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar PRAKARYA SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib dipersipakan

03/03/2022 13:11 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2029
RPP 1 Lembar SENI BUDAYA Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar SENI BUDAYA SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib dipersipa

02/03/2022 13:40 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7008
RPP 1 Lembar PJOK Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar PJOK SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib dipersipak

02/03/2022 13:21 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2420
RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib dipersipaka

02/03/2022 13:05 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3627
RPP 1 Lembar IPA Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar IPA SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib dipersipaka

02/03/2022 12:52 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3605
RPP 1 Lembar Matematika Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib dipe

01/03/2022 12:36 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2506
RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib dip

28/12/2021 00:24 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2825
RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib d

27/12/2021 23:27 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2989
RPP 1 Lembar PKn Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar PKn SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib dipersipakan o

27/12/2021 04:18 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7097
RPP 1 Lembar PAI Kelas 8 SMP Tahun 2021-2022 Semester 1 dan 2

Download RPP 1 Lembar PAI atau Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan rencana kegiatan p

27/12/2021 03:48 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3573
RPP 1 Lembar TIK SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan revisi be

27/12/2021 02:21 - Author SMP Hidayatut Thullab - 21380
RPP 1 Lembar Seni Budaya SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besaran, agar belajar

27/12/2021 01:42 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3402
RPP 1 Lembar PJOK SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar PJOK SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besaran, agar belajar mengaj

27/12/2021 01:21 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2481
RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besaran, agar belajar mengaja

27/12/2021 00:25 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2094
RPP 1 Lembar IPA SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar IPA SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besaran, agar belajar mengaja

26/12/2021 23:56 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4527
RPP 1 Lembar Matematika SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar Matematika SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besaran, agar belajar

03/12/2021 06:46 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6274
RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besaran, agar be

24/11/2021 11:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4436
RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besaran, agar bela

24/11/2021 10:07 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3540
RPP 1 Lembar PKN SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar PKN SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besaran, agar belajar mengaja

08/11/2021 03:00 - Author SMP Hidayatut Thullab - 11350
RPP 1 Lembar PAI SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besa

08/11/2021 01:40 - Author SMP Hidayatut Thullab - 10592
RPP 1 Lembar Prakarya SMP Kelas 7 Tahun 2021/2022 Lengkap

Download RPP 1 Lembar Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Pemerintah mulai memberlakukan perevisian besar-besaran, agar belajar me

08/11/2021 01:03 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7740
RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

15/10/2021 23:09 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2181
RPP 1 Lembar Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021 - 2022

RPP 1 Lembar Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pem

05/10/2021 05:57 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2009
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 8 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 8 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

03/10/2021 01:49 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1748
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 7 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 7 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

02/10/2021 23:50 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1511
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

02/10/2021 20:38 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1977
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 5 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 5 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

23/09/2021 20:12 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1546
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 4 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 4 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

22/09/2021 23:44 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2208
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

21/09/2021 19:44 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2555
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

17/09/2021 00:09 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1907
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

13/09/2021 17:49 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3950
RPP 1 Lembar Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021 - 2022

RPP 1 Lembar Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pem

13/09/2021 16:00 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2203
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 8 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021 - 2022

RPP Kelas 1 Tema 8 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021 - 2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencan

07/09/2021 13:26 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2119
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 7 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021 - 2022

RPP Kelas 1 Tema 7 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021 - 2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencan

05/09/2021 07:39 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1940
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021 - 2022

RPP Kelas 1 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 TP 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan P

05/09/2021 02:07 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1649
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 5 SD/MI Kurikulum 2013 TP 2021-2022

RPP Kelas 1 Tema 5 SD/MI Kurikulum 2013 TP 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan P

01/09/2021 18:39 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2435
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 4 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 (Keluargaku)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 4 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederh

01/09/2021 16:01 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3039
RPP 1 Lembar Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021 - 2022

RPP 1 Lembar Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 - Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pem

01/09/2021 15:25 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3482
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 (Kegemaranku)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022. Sahabat smpht.id dimanapun berada, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahu

16/08/2021 07:34 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1988
RPP 1 Lembar Kelas 6 SD Lengkap Semua Tema Semester 1&2 Tahun 2022-2023

smpht.id – Download RPP K13 versi 1 halaman Kelas 6 SD Semua Tema Tahun 2022/2023.Melalui website smpht.id ini kami selalu berusaha untuk bisa membagikan perangkat pembelajar

15/08/2021 13:18 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1611
RPP 1 Lembar Kelas 5 SD Lengkap Semua Tema Semester 1&2 Tahun 2022-2023

smpht.id – Download RPP K13 versi 1 halaman Kelas 5 SD Semua Tema Tahun 2022/2023.Melalui website smpht.id ini kami selalu berusaha untuk bisa membagikan perangkat pembelajar

15/08/2021 02:45 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4828
RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Lengkap Semua Tema Semester 1&2 Tahun 2022-2023

smpht.id – Download RPP K13 versi 1 halaman Kelas 4 SD Semua Tema Tahun 2022/2023.Melalui website smpht.id ini kami selalu berusaha untuk bisa membagikan perangkat pembelajar

15/08/2021 02:44 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4000
Kurikulum Darurat Masa Pandemi Covid 19 Jenjang SD , SMP , SMA, SMK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pad

15/08/2021 01:36 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3420
Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 9 Semester 2 Masa Pandemi Covid 19

Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 9 Semester 2 Masa Pandemi Covid 19 - Kebijakan dan regulasi yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan pada masa pandemi Covid-

12/08/2021 22:32 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2088
Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 8 Semester 2 Masa Pandemi Covid 19

Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 8 Semester 2 Masa Pandemi Covid 19 - Kebijakan dan regulasi yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan pada masa pandemi Covid-

12/08/2021 22:31 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2803
Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 7 Semester 2 Masa Pandemi Covid 19

Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 7 Semester 2 Masa Pandemi Covid 19 - Kebijakan dan regulasi yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan pada masa pandemi Covid-

12/08/2021 22:29 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2550
Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 9 Semester 1 Masa Pandemi Covid 19

Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 9 Semester 1 Masa Pandemi Covid 19 - Kebijakan dan regulasi yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan pada masa pandemi Covid-

12/08/2021 21:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2036
Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 8 Semester 1 Masa Pandemi Covid 19

Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 8 Semester 1 Masa Pandemi Covid 19 - Kebijakan dan regulasi yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan pada masa pandemi Covid-

12/08/2021 21:13 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1911
Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 7 Semester 1 Masa Pandemi Covid 19

Modul Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) SMP Kelas 7 Semester 1 Masa Pandemi Covid 19 - Kebijakan dan regulasi yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan pada masa pandemi Covid-

12/08/2021 07:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1861
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 (Kegemaranku)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022. Sahabat smpht.id dimanapun berada, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahu

09/08/2021 07:28 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1739
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022 (Diriku)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021-2022. Sahabat smpht.id dimanapun berada, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahu

09/08/2021 06:42 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2657
RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022

Download RPP Daring SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6 semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022 Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Lengkap RPPDaring  1 L

07/08/2021 18:11 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1732
RPP Daring 1 Lembar Kelas 6 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022

RPP Daring 1 Lembar Kelas 6 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022. Sahabat smpht.id, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Perangkat Pembelajaran berupa RPP Daring 1 Lembar Tingkat S

07/08/2021 17:34 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5758
RPP Daring 1 Lembar Kelas 5 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022

RPP Daring 1 Lembar Kelas 5 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022. Sahabat smpht.id, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Perangkat Pembelajaran berupa RPP Daring 1 Lembar Tingkat S

07/08/2021 16:58 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2513
RPP Daring 1 Lembar Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022

RPP Daring 1 Lembar Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022. Sahabat smpht.id, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Perangkat Pembelajaran berupa RPP Daring 1 Lembar Tingkat S

07/08/2021 14:25 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2615
RPP Daring 1 Lembar Kelas 3 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022

RPP Daring 1 Lembar Kelas 3 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022. Sahabat smpht.id, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Perangkat Pembelajaran berupa RPP Daring 1 Lembar Tingkat S

07/08/2021 12:30 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5294
RPP Daring 1 lembar Kelas 2 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022

RPP Daring 1 Lembar Kelas 2 SD Tahun 2021-2022 - Sesuai dengan SE Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makarin Nomor 14 tahun 2019 mengenai penyederhanaan RPP menjadi 1 lembar. Dalam su

07/08/2021 11:06 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2582
RPP Daring 1 lembar Kelas 1 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2021-2022

RPP Daring 1 Lembar Kelas 1 SD Tahun 2021-2022 - Sesuai dengan SE Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makarin Nomor 14 tahun 2019 mengenai penyederhanaan RPP menjadi 1 lembar. Dalam su

07/08/2021 10:25 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4451
Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) dalam Meningkatkan Level Kompetensi TIK Guru di Indonesia

Filosofi pendidikan Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, tut wuri handayani dari Ki Hajar Dewantara menjadi inspirasi dari digulirkannya kebijakan program Merdeka Belajar ole

06/08/2021 20:08 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2322
RPP 1 Lembar Kelas 1 SD Lengkap Semua Tema Semester 1&2 Revisi 2022

smpht.id – Download RPP k13 versi 1 halaman Kelas 1 SD Semua Tema Tahun 2022/2023.Melalui website smpht.id ini kami selalu berusaha untuk bisa membagikan perangkat pembelajar

06/08/2021 07:27 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1606
RPP 1 Lembar Kelas 3 SD Lengkap Semua Tema Semester 1&2 Tahun 2022-2023

smpht.id – Download RPP k13 versi 1 halaman Kelas 3 SD Semua Tema Tahun 2022/2023.Melalui website smpht.id ini kami selalu berusaha untuk bisa membagikan perangkat pembelajar

05/08/2021 07:37 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2029
RPP 1 Lembar Kelas 2 SD Lengkap Semua Tema Semester 1&2 Revisi 2022

smpht.id – Download RPP k13 versi 1 halaman Kelas 2 SD Semua Tema Tahun 2022/2023.Melalui website smpht.id ini kami selalu berusaha untuk bisa membagikan perangkat pembelajar

05/08/2021 07:37 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1896
Modul Pembelajaran Jarak Jauh SD Kurikulum Darurat Terbaru Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Tahun 2021-2022

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD Kurikulum Darurat Terbaru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menerbitkan Pedoman Kuriku

05/08/2021 05:12 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2778
Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 1 SD Kurikulum Darurat Terbaru Tahun 2021-2022

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 1 SD Kurikulum Darurat Tahun 2021-2022 Terbaru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menerbitkan Pedoman Kurikulum

05/08/2021 05:00 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2037
Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 2 SD Kurikulum Darurat Terbaru Tahun 2021-2022

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 2 SD Kurikulum Darurat Terbaru Tahun 2021-2022. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menerbitkan Pedoman Kurikulum

05/08/2021 04:58 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2006
Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 3 SD Kurikulum Darurat Terbaru Tahun 2021-2022

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 3 SD Kurikulum Darurat Terbaru 2021-2022. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menerbitkan Pedoman Kurikulum Darur

05/08/2021 04:56 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2568
Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 4 SD Kurikulum Darurat Terbaru Tahun 2021-2022

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 4 SD Kurikulum Darurat Terbaru 2021-2022. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menerbitkan Pedoman Kurikulum Darur

05/08/2021 04:54 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1710
Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Darurat Terbaru Tahun 2021-2022

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Darurat Terbaru 2021-2022. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menerbitkan Pedoman Kurikulum Darur

05/08/2021 04:52 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2127
Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 6 SD Kurikulum Darurat Terbaru Tahun 2021-2022

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 6 SD Kurikulum Darurat Terbaru 2021-2022. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menerbitkan Pedoman Kurikulum Darur

05/08/2021 04:51 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2017
Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 9 Tahun 2021-2022

Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 9 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru b

04/08/2021 23:14 - Author SMP Hidayatut Thullab - 11450
Perangkat Pembelajaran IPA Kelas 9 Tahun 2021-2022

Perangkat Pembelajaran IPA Kelas 9 Tahun 20212022. Sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru berdasarkan RPP 1 Lembar ti

04/08/2021 22:40 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5364
Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 9 Tahun 2021-2022

Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 9 Tahun 2021-2022. Sahabat smpht.id, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru RPP 1 Lemba

04/08/2021 22:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 8263
Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) secara resmi telah mengumumkan Tema dan Logo yang akan dipergunakan dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun

03/08/2021 19:49 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2150
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 9 Tahun 2021-2022

Perangkat Pembelajaran Bhs Inggris Kelas 9 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru berd

03/08/2021 06:43 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4563
Perangkat Pembelajaran PKN Kelas 9 Tahun 2021-2022

Perangkat Pembelajaran PKN Kelas 9 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi file Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru berdas

03/08/2021 03:19 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4439
Perangkat Pembelajaran PAI Kelas 9 Tahun 2021-2022

Perangkat Pembelajaran PAI Kelas 9 Tahun 2021. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini ingin ingin berbagi file Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru berdasarkan

03/08/2021 02:54 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6374
Important shortcut keys for computer - Kunci jalan pintas penting untuk komputer

Important shortcut keys for computer CTRL+A. . . . . . . . . . . Select All CTRL+C. . . . . . . . . . . Copy CTRL+X. . . . . . . . . . . Cut CTRL+V. . . . . . . . . . . Paste CTRL+Z. .

03/08/2021 02:24 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1591
RPP 1 Lembar Informatika SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022

Download RPP Informatika SMP Kelas VII VIII IX Doc Semester 1 dan semester 2 sesuai revisi terbaru kurikulum 2013 untuk MSP/MTs yang dilengkapi dengan RPP Luring 1 lembar bentuk Hots re

01/08/2021 13:25 - Author SMP Hidayatut Thullab - 13644
Buku Kerja Kepala Sekolah SMP/MTs Tahun 2021-2022

Buku Kerja Kepala Sekolah SMP/MTs 2021 yang bisa anda download - Kepala sekolah adalah barometer pemegang peran penting yang besar dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidi

01/08/2021 13:07 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2977
Download RPP Daring Informatika SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013

Download RPP Informatika SMP Kelas VII VIII IX Doc Semester genap dan semester 1 sesuai revisi terbaru kurikulum 2013 untuk MSP/MTs yang dilengkapi dengan contoh RPP Daring 1 lembar ben

31/07/2021 17:58 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3598
Lengkap Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 8 Tahun 2021-2022. Sahabat smpht.id, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru berd

31/07/2021 17:20 - Author SMP Hidayatut Thullab - 8879
Lengkap Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 8 Tahun 2021-2022. Sahabat smpht.id, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru

31/07/2021 14:51 - Author SMP Hidayatut Thullab - 11564
Lengkap Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 8 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini admin ingin share Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis ter

30/07/2021 06:58 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4591
Lengkap Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 8 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terb

30/07/2021 01:12 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4966
RPP Daring MTK Kelas 9 SMP Format 1 Lembar Tahun 2021-2022

RPP Daring MTK Kelas 9 SMP Format 1 Lembar Tahun 2021-2022. Tentu diawal tahun ajaran 2021/2022 ini kata daring sangat sering kita dengar terutama bagi praktisi pendidikan. Kata da

29/07/2021 22:40 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2901
RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 Semester Ganjil Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar Matematika Ganjil Kelas IX Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Ber

29/07/2021 22:05 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5321
RPP Daring MTK Kelas 8 SMP Format 1 Lembar Tahun 2021-2022

RPP Daring MTK Kelas 8 SMP Format 1 Lembar Tahun 2021-2022. Tentu diawal tahun ajaran 2021/2022 ini kata daring sangat sering kita dengar terutama bagi praktisi pendidikan. Kata da

29/07/2021 21:07 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2310
RPP Daring MTK Kelas 7 SMP Format 1 Lembar Tahun 2021-2022

RPP Daring MTK Kelas 7 SMP Format 1 Lembar. Tentu diawal tahun ajaran 2021/2022 ini kata daring sangat sering kita dengar terutama bagi praktisi pendidikan. Kata daring sendiri merupaka

29/07/2021 20:01 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7170
RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 Semester Ganjil Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar Seni Budaya Ganjil Kelas IX Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasa

27/07/2021 18:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3369
RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 9 Semester Ganjil Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar Prakarya Ganjil Kelas IX Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasa

27/07/2021 17:25 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2934
RPP 1 Lembar PKN Kelas 9 Semester Ganjil Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar PKN Ganjil Kelas IX Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarka

27/07/2021 16:23 - Author SMP Hidayatut Thullab - 8492
RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 Semester Ganjil Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar PJOK Ganjil Kelas IX Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini Ilmuguru.org ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarka

27/07/2021 15:57 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2975
RPP 1 Lembar PAI Kelas 9 Semester Ganjil Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar PAI Ganjil Kelas IX Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarkan

27/07/2021 14:56 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6268
RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Semester Ganjil Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar IPS Ganjil Kelas IX Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarkan Perte

27/07/2021 13:00 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7717
RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Semester Ganjil Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar IPA Ganjil Kelas IX Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarkan

26/07/2021 22:31 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2671
RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Ganjil Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Ganjil Kelas IX Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdas

26/07/2021 21:47 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3063
Lengkap Perangkat Pembelajaran IPA Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran IPA Kelas 8 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru

26/07/2021 14:50 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9965
Lengkap Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 8 Tahun 2021. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru

26/07/2021 13:42 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6922
Lengkap Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis

26/07/2021 13:22 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9253
Lengkap Perangkat Pembelajaran Bhs Indonesia Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran Bhs Indonesia Kelas 8 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis

26/07/2021 11:55 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4593
Lengkap Perangkat Pembelajaran PKN Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran PKN Kelas 8 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru be

25/07/2021 23:07 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3847
Lengkap Perangkat Pembelajaran PAI Kelas 8 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran PAI Kelas 8 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru be

25/07/2021 22:40 - Author SMP Hidayatut Thullab - 8465
Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 7 Tahun 2021-2022

Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 7 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru

25/07/2021 16:16 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5549
Lengkap Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7 Tahun 2021. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis

25/07/2021 13:33 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7506
Lengkap Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 7 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 7 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini admin ingin share Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terba

25/07/2021 12:54 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7266
Lengkap Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7 Tahun 2021. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru be

25/07/2021 11:08 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4420
Lengkap Perangkat Pembelajaran IPA Kelas 7 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran IPA Kelas 7 Tahun 2021. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru be

25/07/2021 02:14 - Author SMP Hidayatut Thullab - 12193
Lengkap Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 7 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 7 Tahun 2021. Selamat datang sahabat SMPHT.ID. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis ter

24/07/2021 22:59 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6053
Lengkap Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran Bhs Inggris Kelas 7 Tahun 2021. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis te

24/07/2021 22:35 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6475
Lengkap Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Tahun 2021. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini admin ingin share Lengkap Perangkat Pembelajaran Grati

20/07/2021 01:25 - Author SMP Hidayatut Thullab - 10467
RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Ganjil Kelas 7 Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Ganjil Kelas 7 Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Lengkap RPP 1 Lembar berdasarkan Pertemuan dan Pen

19/07/2021 07:35 - Author SMP Hidayatut Thullab - 11460
RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Revisi 2021 (Update)

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Revisi 2021 (Update) Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan RPP 1 Halaman

19/07/2021 07:14 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9695
Lengkap Perangkat Pembelajaran PKN Kelas 7 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran PKN Kelas 7 Tahun 2021. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini admin ingin share Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru ber

19/07/2021 01:31 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9218
Lengkap Perangkat Pembelajaran PAI Kelas 7 Tahun 2021-2022

Lengkap Perangkat Pembelajaran PAI Kelas 7 Tahun 2021. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini kami ingin share Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terbaru berd

19/07/2021 00:36 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5753
Perangkat Pembelajaran Bhs Indonesia Kelas 9 Tahun 2021-2022

Perangkat Pembelajaran Bhs Indonesia Kelas 9 Tahun 2021-2022. Selamat datang sahabat smpht.id. Pada kesempatan kali ini admin ingin share Lengkap Perangkat Pembelajaran Gratis terb

18/07/2021 22:55 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6829
Lengkap RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia K13 Kelas 9 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022

Lengkap RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia K13 Kelas 9 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pemb

18/07/2021 22:05 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4602
RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2021

RPP 1 Lembar Seni Budaya Ganjil Kelas VIII Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasa

16/07/2021 02:32 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4591
RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2021

RPP 1 Lembar Prakarya Ganjil Kelas VIII Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarka

11/07/2021 03:37 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7198
RPP 1 Lembar PKN Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2021

RPP 1 Lembar PKN Ganjil Kelas VIII Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarkan Per

10/07/2021 23:14 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4902
RPP 1 Lembar PJOK Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2021

RPP 1 Lembar PJOK Ganjil Kelas VIII Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarkan Pe

10/07/2021 21:14 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4276
Materi dan Teknis Pelaksanaan MPLS Daring Masa Pandemi Jenjang SD-SMP-SMA-SMK Tahun Pelajaran 2021-2022

Materi dan Teknis Pelaksanaan MPLS Daring Masa Pandemi Jenjang SD-SMP-SMA-SMK. Tahun pelajaran baru 2021/2022 akan segera dilaksanakan. Menurut Kalender Pendidikan Nasional Pelaksanaan

10/07/2021 12:44 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2002
RPP 1 Lembar Matematika Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2021

RPP 1 Lembar Matematika Ganjil Kelas VIII Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasar

09/07/2021 03:15 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5458
RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2021

RPP 1 Lembar IPS Ganjil Kelas VIII Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarkan Per

08/07/2021 01:14 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7539
RPP 1 Lembar IPA Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2021

RPP 1 Lembar IPA Ganjil Kelas VIII Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarkan Per

07/07/2021 23:03 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4783
RPP Fiqih Kelas 8 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Revisi 2020

Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai RPP Fiqih Kelas VIII MTs Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2020. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ad

07/07/2021 22:28 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4041
RPP 1 Lembar PAI Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2021

RPP 1 Lembar PAI Ganjil Kelas VIII Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarkan Per

07/07/2021 13:03 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3782
RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2021

RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Ganjil Kelas VIII Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berd

05/07/2021 13:32 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6618
Lengkap RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia K13 Kelas 8 Tingkat SMP Semester 1 Revisi 2021

Lengkap RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia K13 Kelas 8 Tingkat SMP Semester 1 Revisi 2021. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuata

05/07/2021 13:03 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4479
Panduan Pendataan Asesmen 2021 Bagi Proktor

DAFTAR ISI A. PENDAHULUAN B. SPESIFIKASI SpesifikasiKomputer SpesifikasiAplikasi Situs WebEntryData Auto Log Out DownloadFile C. PENGGUNAAN MODUL IdentifikasiUser Log

29/06/2021 13:28 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2045
RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas VII Semester 1 Tahun 2021-2022

RPP 1 Lembar Seni Budaya Ganjil Kelas VII Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Lengkap RPP 1 Lembar berdasarkan Pertemuan dan

29/06/2021 08:18 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9606
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021

Apa Itu Asesmen Nasional ? Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pemb

27/06/2021 14:11 - Author SMP Hidayatut Thullab - 9986
RPP 1 Lembar 2021/2022 Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 (Ganjil)

RPP 1 Lembar 2021/2022 Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 (Ganjil). Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan RPP 1 Halaman SMP/M

25/06/2021 14:39 - Author SMP Hidayatut Thullab - 8210
Rincian Pekan Efektif SMP Untuk Tahun Pelajaran 2021/2022

Hai teman-teman guru, pada kesempatan berbahagia ini saya akan berbagi Analisis Alokasi Waktu/ Rincian Minggu Efektif Semester 1/ ganjl dan semseter 2/ genap tahun pelajaran 2021/2022.

25/06/2021 11:30 - Author SMP Hidayatut Thullab - 15137
Lengkap RPP 1 Lembar PKN K13 Kelas 7 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022

Lengkap RPP 1 Lembar PKN K13 Kelas 7 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan RPP 1 H

25/06/2021 10:38 - Author SMP Hidayatut Thullab - 6346
Lengkap RPP 1 Lembar PJOK K13 Kelas 7 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022

Lengkap RPP 1 Lembar PJOK K13 Kelas 7 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan RPP 1

24/06/2021 19:42 - Author SMP Hidayatut Thullab - 8967
Lengkap RPP 1 Lembar PAI Kelas 7 SMP Semester 1 Tahun 2021-2022

Lengkap RPP 1 Lembar PAI Kelas 7 SMP Semester 1 Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 lembar/Halaman SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2

23/06/2021 17:02 - Author SMP Hidayatut Thullab - 15600
Lengkap RPP 1 Lembar Matematika K13 Kelas 7 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021/2022

Lengkap RPP 1 Lembar Matematika K13 Kelas 7 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021/2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id akan berbagi file RPP 1 Halaman SMP/MTs Kelas VII Kurikul

23/06/2021 16:07 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5549
Download RPP Pendidikan Anti Korupsi Mata Pelajaran PPKn Jenjang SMP/MTs

Download RPP Anti Korupsi Mata Pelajaran PPKn Jenjang SMP/MTs untuk Bapak dan Ibu Guru yang akan melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di kelas pada satuan pendidikannya masing-

23/06/2021 14:26 - Author SMP Hidayatut Thullab - 10056
DOWNLOAD DOKUMEN KURIKULUM DARURAT TAHUN 2021

Masa darurat yang dimaksud bukan hanya pada masa darurat wabah Corona Virus Disease (Covid-19), tetapi berlaku pula pada masa darurat karena terjadi bencana alam, huru-hara dan sebagai

22/06/2021 00:39 - Author SMP Hidayatut Thullab - 8797
Silabus Seni Budaya SMP Kelas 7,8 dan 9 Tahun 2021/2022

Berikut ini akan kami bagikan perangkat pembelajaran atau administrasi berupa Silabus K13 Seni Budaya SMP Kelas 7,8 dan 9. Perangkat ajar berupa silabus Kurikulum 2013 yang kami bagikan

21/06/2021 17:45 - Author SMP Hidayatut Thullab - 11567
Lengkap RPP 1 Lembar IPS K13 Kelas 7 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022

Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi file RPP 1 Halaman SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2021.Perangkat pembelajaran merupakan suatu yang sangat di butuhkan oleh ba

19/06/2021 23:00 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7910
Lengkap RPP 1 Lembar IPA K13 Kelas 7 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022

Lengkap RPP 1 Lembar IPA K13 Kelas 7 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022. Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 Lemar SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 202

19/06/2021 22:22 - Author SMP Hidayatut Thullab - 26354
RPP 1 Lembar SMP/MTs Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2021-2022

RPP 1 Lembar SMP/MTs Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2021-2022 - Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan RPP SMP/MTs

19/06/2021 21:19 - Author SMP Hidayatut Thullab - 8950
Lengkap RPP 1 Lembar Bahasa Inggris K13 Kelas 9 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022

Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan RPP 1 Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Revisi 2021.Perangkat pembelajaran merupaka

19/06/2021 17:44 - Author SMP Hidayatut Thullab - 5482
Lengkap RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia K13 Kelas 9 Tingkat SMP Semester 1 Tahun 2021-2022

  Pada kesempatan kali ini smpht.id ingin berbagi RPP 1 Lembar / 1Halaman SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Revisi 2021 yang sesuai dengan surat edaran mendikbud no 14 tah

19/06/2021 16:50 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3528
RPP 1 Lembar Kelas 8 Semester 2 Lengkap

Tak terasa Semester ganjil telah selesai. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang pendidik atau guru mempersiapkan administrasi secara matang. Oleh karenanya disini kami akan berbagi Downl

30/05/2021 12:55 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4316
RPP 1 Lembar Kelas 9 Semester 2 - Lengkap

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang pendidik atau guru mempersiapkan administrasi secara matang. Oleh karenanya disini kami akan berbagi Download RPP 1 Lembar SMP Kelas 9 Semester 2 Se

30/05/2021 10:30 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3251
RPP 1 Lembar PKN Kelas 9 SMP/MTS Semester 2 Update 2021

Rekan – rekan pendidik yang mengajar di tingkat SMP, pada kali ini kami akan berbagi RPP 1 Lembar PKN Kelas 9 SMP/MTS Semester 2 Update 2021. RPP SMP Terbaru yang kami bagikan ini

30/05/2021 10:26 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2497
RPP IPA Daring SMP Kelas 9 Semester 2

Sahabat pendidik sekalian, untuk administrasi Daring yang kami bagikan merupakan administrasi jenjang Sekolah Menengah Pertama / SMP. Administrasi pembelajaran yang kami bagikan adalah

27/05/2021 16:38 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3143
Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan Tahun 2021 Ditiadakan

Berkenaan dengan penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19) yang semakin meningkat maka perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin pe

04/02/2021 13:21 - Author SMP Hidayatut Thullab - 1875
ADMINISTRASI SMP LENGKAP KELAS 7, 8 DAN 9 K13 Revisi 2017 Dan Revisi 2018

Assalamualaikum Wr Wb Berikut ini kami sediakan RPP K13 kelas 7, 8 dan 9 RPP SMP, RPP SMA dan SMK serta kelengkapan administrasi lainya.   SILAHKAN DOWNLOAD DI ARTIKEL MELAL

18/12/2020 17:08 - Author SMP Hidayatut Thullab - 7986
RPP 1 LEMBAR SMP/MTs KELAS 7, 8, 9 LENGKAP KURIKULUM 2013 SEMESTER 1 DAN 2 (Revisi 2021)

Sahabat pendidik sekalian, kami akan membagikan perangkat yang bisa anda gunakan untuk pembelajaran di semester 2. Untuk administrasi Daring yang kami bagikan merupakan administrasi j

18/12/2020 17:08 - Author SMP Hidayatut Thullab - 93833
Rincian Pekan Efektif SMP Untuk Tahun Pelajaran 2020/2021

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai Pengisian Perangkat ajar seperti Prota, Promes dan administrasi lainya, tentunya kita harus mengetahui tentang Rincian Minggu Efektif / Rinc

18/12/2020 17:08 - Author SMP Hidayatut Thullab - 35487
ADMINISTRASI SMP LENGKAP KELAS 7, 8 DAN 9 K13 Revisi 2017 Dan Revisi 2018

Assalamualaikum Wr Wb Berikut ini kami sediakan RPP K13 kelas 7, 8 dan 9 RPP SMP, RPP SMA dan SMK serta kelengkapan administrasi lainya . SILAHKAN DOWNLOAD DI LINK DIBAWAH INI SECAR

18/12/2020 11:29 - Author SMP Hidayatut Thullab - 3989
RPP PKN 1 Lembar SMP Kelas 8 Semester 1 (Ganjil)

Pada postingan kali ini kami akan berbagi administrasi mengajar berupa RPP PKN 1 Lembar SMP Kelas 8 Semester 1 (Ganjil). RPP K13 PPKN Revisi 2020 Kelas VIII Format 1 Lembar yang k

18/12/2020 02:19 - Author Topani Sahara - 14985
DAK 2020 SMP HIDAYATUT THULLAB

Pembangunan dan Pengadaan SMP Hidayatut Thullab pada tahun 2020 ini antara lain : Rehabilitasi Ruang Guru, Rehabilitasi 3 Unit Ruang Kelas dan Rehabilitasi 2 Unit Jamban Guru. (DAK

15/11/2020 03:27 - Author SMP Hidayatut Thullab - 2074
RPP MTK 1 Lembar SMP Kelas 7 Semester 1 (Ganjil)

Berikut ini kami akan berbagi administrasi mengajar berupa RPP Matematika 1 Lembar SMP Kelas 7 Semester 1 (Ganjil). RPP K13 MTK Revisi 2020 Kelas VII Format 1 Lembar yang kami bagikan b

11/11/2020 01:39 - Author SMP Hidayatut Thullab - 19017
RPP PKN 1 Lembar SMP Kelas 7 Semester 1 (Ganjil)

  Berikut ini kami akan berbagi administrasi mengajar berupa RPP PKN 1 Lembar SMP Kelas 7 Semester 1 (Ganjil). RPP K13 PPKN Revisi 2020 Kelas VII Format 1 Lembar yang kami bagikan

11/11/2020 01:39 - Author SMP Hidayatut Thullab - 12734
DOKUMEN 1 KURIKULUM 2013

DOKUMEN 1 KURIKULUM 2013   YAYASAN PESANTREN SALAFI HIDAYATUT THULLAB SMP HIDAYATUT THULLAB Desa Tenggulang Baru Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi

10/07/2019 23:56 - Author SMP Hidayatut Thullab - 35220
Aplikasi E-Rapor

Sejak November 2017, Direktorat Pembinaan SMP telah merilis Aplikasi e-Rapor SMP. Dalam perkembangannya telah dilakukan beberapa kali pembaruan, hingga pada bulan November 2020, dirilis

10/07/2019 23:55 - Author SMP Hidayatut Thullab - 4532